Rabu, 05 Agustus 2020 15:08

​Diduga Buat Kegiatan Fiktif, Dana Banpol Hanura Disoal Kader Partainya

Kamis, 11 Juli 2019 22:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Bahri
​Diduga Buat Kegiatan Fiktif, Dana Banpol Hanura Disoal Kader Partainya
Tohar (jaket hitam) saat bersama Ketua DPC Hanura.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Internal kader Partai Hanura mempertanyakan penggunaan dana bantuan pemerintah dana Banpol yang setiap tahunnya digelontorkan ke rekening bendahara partai Hanura. Sebab, dana bantuan itu ditengarai habis tanpa ada kegiatan yang melibatkan kader partai.

Mantan Pengurus Anak Cabang (PAC) Hanura Kecamatan Camplong Tohar mengungkapkan, selama dirinya menjadi kader Partai Hanura, belum pernah ada kegiatan yang dilakukan oleh Ketua DPC Hanura Kabupaten Sampang.

"Lha dana Banpol yang setiap tahun cair itu bagaimana di-SPJ-kan, kok bisa cair. Ini ada dugaan kuat DPC Hanura membuat kegiatan atau program fiktif," ungkap Tohar yang saat ini aktif jadi aktivis.

Beberapa fakta juga dibeberkan Tohar, selain tidak pernah ada kegiatan kepartaian yang menggunakan dana banpol, bahkan kalaupun ada program, malah pengurus DPC minta sumbangan.

Pihaknya menduga masalah stempel yang dipegang langsung DPC hanya untuk proses pencairan bantuan tersebut, terlebih mayoritas PAC tidak diberitahu proses pencairannya.

“Harusnya ada keterbukaan di internal partai, tapi ini tidak, semua tertutup, kami hanya diberi ruang di internal PAC,” terangnya.

Dana Banpol untuk Partai Hanura setiap tahunnya cair sebesar Rp 103 juta. Namun dikatakannya hampir tidak pernah ada program terhadap PAC.

"Karena tidak jelas dan tidak adanya transparansi di dalam tubuh Hanuram, makanya saya meninggalkan partai dan keluar dari pengurus Hanura," tandasnya.

Sementara itu Sekretaris DPC Hanura Kabupaten Sampang Sugianto mengklaim bahwa proses pencairan dan realisasi Banpol sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, mulai dari syarat pengajuan hingga pencairan.

“Memang ada sebagian PAC yang tidak aktif, seperti Camplong, sehingga kami tidak melibatkannya dalam kegiatan, bahkan untuk Pileg kami fungsikan dari DPC langsung,” kelitnya. (hri/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...