Sambut 1 Muharam, HNSI Pacitan akan Gelar Pesta Rakyat Dua Hari Dua Malam

Sambut 1 Muharam, HNSI Pacitan akan Gelar Pesta Rakyat Dua Hari Dua Malam Ketua HNSI Pacitan Damhudi (tengah) usai menyelenggarakan rapat dengan para nelayan. foto: Yuniardi Sutondo/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ribuan nelayan di Pacitan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) berencana menggelar pesta akbar menyambut pergantian tahun Islam 1 Muharam 1441 H. Ketua HNSI Cabang Pacitan Damhudi mengatakan, banyak agenda yang akan diselenggarakan nelayan menyambut satu Suro nanti.

"Mulai bakar ikan gratis, lomba Jolo, mancing, festival layang-layang, lomba masak seafood, hiburan musik dan wayangan," kata Damhudi di sela-sela rapat dengan para nelayan, Rabu (10/7) malam kemarin.

Sesuai rencana, semua agenda pesta rakyat tersebut akan digelar di sepanjang pesisir pantai. "Untuk lomba Jolo di Pantai Pancer Door, festival layang-layang di Pantai Teleng, lomba mancing di pelabuhan Koang, masak seafood di pelabuhan dan wayang serta hiburan musik di Pantai Teleng," jelas dia.

Karena banyaknya agenda, ia mengungkapkan bahwa pesta rakyat akan digelar selama dua hari dua malam dengan melibatkan seluruh nelayan di Pacitan dan masyarakat sekitar.

"Jumlah anggota HNSI kita ada sekitar 5.000-an orang. Yang di Pantai Teleng sendiri ada sekitar 3.000-an nelayan. Belum lagi yang di Donorojo, Watukarung, Ngadirojo, Sudimoro, Kebonagung dan sebagainya," terang Damhudi yang juga berencana running di Pilkada Pacitan 2020 nanti.

Damhudi menegaskan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang menjadi budaya masyarakat Pacitan, utamanya warga pesisir pantai. "Kita juga akan menyelenggarakan sedekah laut dan ruwatan. Sedangkan bagi para pemenang disemua event perlombaan oleh panitia akan disediakan uang pembinaan,"pungkas dia. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO