Sabtu, 15 Mei 2021 14:30

Pemprov Lampung Berguru Sakip ke Pemkab Gresik

Selasa, 09 Juli 2019 14:16 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Pemprov Lampung Berguru Sakip ke Pemkab Gresik
Wabup Qosim memberikan cinderamata kepada Kepala Biro Organisasi Pemprov Lampung, Wiryono. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemprov Lampung melakukan kunjungan ke Pemkab Gresik dalam rangka berguru Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (Sakip), Selasa (9/7). Rombongan berjumlah 68 orang dari perwakilan 11 kabupaten/kota di Pemprov Lampung dipimpin oleh Kepala Biro Organisasi Pemprov Lampung, Wiryono.

Mereka diterima oleh Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim didampingi beberapa kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD) Pemkab Gresik di Ruang Graita Eka Praja.

Wiryono menyampaikan, peserta yang ikut serta dalam kunjungan kali ini adalah para pejabat serta staf yang tergabung dalam tim Sakip dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Lampung. "Provinsi Lampung ada 15 kabupaten/kota, namun yang ikut hanya 11 kabupaten/kota. Namun demikian kami akan menyosialisasikan hasil kunjungan ini nanti kepada semuanya. Ada tiga tempat yang akan kami kunjungi. Dan Pemkab Gresik ini merupakan lokus ke dua setelah dari Pemkab Sidoarjo," katanya.

Wiryono mengaku bahwa seluruh Pemkab dan Pemkot di Provinsi Lampung sudah mengikuti aturan dan perundangan yang sama dengan pemerintah yang lain. Namun, sampai saat ini belum memperoleh hasil yang optimal atau belum mendapat nilai 'A'.

BACA JUGA : 

Segera Dibangun, RS Gresik Selatan Berpeluang Didirikan di Desa Tanjung Kedamean

Bupati Gus Yani Serahkan JPS kepada 24.532 Guru Ngaji dan Marbot

Bupati Gresik Izinkan Warga Salat Idulfitri di Masjid dan Lapangan Sesuai Zonasi PPKM Mikro

DPRD Gresik Terima Ranwal RPJMD 2021-2026, Tapi dengan Sejumlah Catatan

"Semoga setelah melaksanakan kunjungan ke beberapa daerah di Jawa Timur ini, kami dapat mempraktikkan di tempat kami. Sehingga nantinya Sakip kami dapat memperoleh nilai 'A' seperti Kabupaten Gresik," harapnya.

Sementara Wabup Qosim mengatakan, pada penilaian Sakip tahun 2018, Gresik memperoleh nilai 80,12 atau 'A'. Menurutnya, keberhasilan ini berkat kerja keras Bupati serta semua pihak dan adanya komitmen bersama dalam peningkatan akuntabilitas kinerja pada semua OPD.

"Awalnya tahun 2016 Pemkab Gresik mendapatkan nilai C, kemudian naik menjadi BB pada 2017 dan tahun 2018 baru meraih A. Tiap tahun Pemkab Gresik terus membenahi sistem akuntabilitas pemerintahan," katanya.

Untuk meraih nilai A, Wabup memberikan tips. Yakni, yang penting kebersamaan antara Bupati dan Wakil Bupati, Forkopimda, serta seluruh unsur yang ada Pemkab Gresik. "Bupati selalu memonitor langsung terkait aktivitas pemerintahan, mulai dari tingkat kehadiran ASN. Memonitor pelaksanaan APBD mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Saat penyusunan APBD Bupati melaksanakan rapat pimpinan khusus dan memonitor langsung presentasi dari para Kepala OPD," paparnya.

"Pada APBD 2019, Bupati dapat menghemat dana sebesar Rp 116,5 miliar, yang kemudian dialokasikan untuk pembangunan insfrastruktur publik," pungkasnya. (hud/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa maksud...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...