Senin, 22 Juli 2019 14:01

PPIH Embarkasi Surabaya Sita 2.596 Bungkus Rokok dari Kloter Bangkalan

Selasa, 09 Juli 2019 01:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
PPIH Embarkasi Surabaya Sita 2.596 Bungkus Rokok dari Kloter Bangkalan
Para petugas saat melakukan penyitaan ribuan bungkus rokok serta obat-obatan dan jamu. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melakukan pemeriksaan terhadap 76 koper Jemaah Calon Haji (JCH) kloter 8 asal Kabupaten Bangkalan di gudang Hall Zaitun AHES, Minggu (7/7) malam.

Pada pemeriksaan yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam mulai pukul 19.00 WIB ini, petugas menyita 2.596 bungkus rokok dari berbagai merk, 40 sachet obat-obatan, jamu hingga pil kb.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Jamal menjelaskan, berdasarkan hasil penelusurannya ada beberapa motif alasan CJH membawa rokok dalam jumlah berlebihan, di antaranya karena dititipi orang tanpa tahu alasannya apa, oleh-oleh untuk saudaranya yang bekerja di Arab Saudi, dan untuk dijual kembali di Arab Saudi.

"Ya, ada beberapa motivasi mereka membawa barang tersebut. Setelah kita tanya, alasan mereka macam macam, ada yang dititipi orang, oleh-oleh untuk keluarganya yang kerja disana, bahkan ada yang memang berniat untuk dijual disana karena harganya menjadi sangat tinggi di sana," jelasnya.

Menanggapi banyaknya JCH yang membawa barang dalam jumlah berlebihan, Jamal menuturkan kalau pihaknya telah berulang kali mensosialisasikan hal tersebut kepada jemaah ketika manasik haji.

"Kita telah menyampaikan, mensosialisasikan ke jemaah haji di daerah waktu manasik haji, barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa. Mulai manasik haji massal di kabupaten, maupun manasik haji di KUA terus kita sosialisasikan itu," terang Jamal.

Ia menambahkan, setiap JCH hanya diperkenankan membawa 2 slop rokok. Selebihnya, tambah Jamal maka akan menjadi barang sitaan negara. (ian/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...