Sabtu, 16 November 2019 09:17

Alwi Shihab Tak Mau Dipanggil Habib, Kenapa?

Senin, 08 Juli 2019 20:32 WIB
Editor: Tim
Alwi Shihab Tak Mau Dipanggil Habib, Kenapa?
Dr Alwi Shihab mendengarkan penjelasan Dr KH Asep Saifudin Chalim tentang pendirian dan perkembangan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto Jawa Timur. foto: istimewa/ BANGSAONLINE.COM

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dr Alwi Shihab, mantan Menteri Luar Negeri era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang kini Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan Organisasi Kerjasama Islam (UKP-TTOKI) tak mau dipanggil Habib. Penolakan itu disampaikan menjawab pertanyaan BANGSAONLINE.com saat media ini menjemput tokoh NU keturunan Arab Hadhrami itu di VIP Bandara Juanda Surabaya, Senin (8/7/2019).

Lho, kenapa? Bukankah Alwi Shihab berhak menyandang Habib mengingat punya silsilah sayyid atau keturunan Nabi Muhammad SAW lewat Ali Bin Husin, cicit Rasulullah SAW?

“Qurash Shihab juga tak mau (dipanggil Habib),” kata Alwi Shihab dalam perjalanan dari VIP Bandara Juanda Sidoarjo menuju Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Prof Dr Qurash Shihab adalah kakak kandung Alwi Shihab yang dikenal sebagai pakar tafsir dan mantan Meteri Agama RI. Qurash Shihab dikenal alim dan telah melahirkan karya monumental yakni Tafsir Al-Misbach. Tapi, seperti tutur Alwi Shihab, ia tak mau dipanggil Habib.

(Dari kiri ke kanan: Dr Immanuel, Dr Alwi Shihab, Em Mas'ud Adnan, M.Si dan Iksan HB saat di ruang VIP Bandara Internasional Juanda Sidoarjo Jawa TImur sebelum menuju Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Foto: istimewa/bangsaonline.com) 

Lalu apa masalahnya? Menurut Alwi Shihab, menyandang gelar Habib itu berat. “Habib itu ada maqamnya sendiri,” kata Alwi Shihab yang lulus S-1 dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ujung Pandang dan meraih dua gelar master, masing-masing dari Universitas Al-Azhar Kairo Mesir dan Universitas Temple Amerika Serikat.

Alwi Shihab menegaskan bahwa seorang Habib, akhlaknya harus mulia dan terjaga dari perbuatan tercela. “Saya takut tak sesuai akhlak (Habib),” tegas Alwi Shihab yang meraih dua gelar doktor dari Universitas Ain Syam Mesir dan Universitas Temple Amerika Serikat itu. 

“Masak Habib mencaci maki orang,” kata Alwi Shihab yang pernah mengajar di Hartford Seminary dan Harvard Divinity School Universitas Hrvard Amerika Serikat.

Alwi Shihab datang ke Jawa Timur dalam rangka menjadi narasumber rapat kerja guru di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Mantan Menko Kesra yang kini jadi Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan OKI itu banyak mendapat penjelasan dari Dr KH Asep Saifuddin Chalim, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, tentang perkembangan pondok pesantren yang diasuhnya. Dari Pacet Mojokerto Alwi Shihab menuju Gedung Negara Grahadi Surabaya bertemu dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Dalam acara di Jawa Timur itu Alwi Shihab selain bersama Dr Immanuel, investor dari Portugal juga didampingi Iksan HB dan Em Mas'ud Adnan, Komisaris Utama HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.COM. (tim)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...