Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Dishub Tuban Rutin Bina Jukir

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Dishub Tuban Rutin Bina Jukir Para juru parkir saat mendapatkan arahan dalam pembinaan rutin yang digelar Dishub Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban tidak main-main dalam memberikan pelayanan terhadap pengguna jasa parkir di wilayahnya.

Pasca ditetapkannya parkir berlangganan sejak pertengahan tahun 2017 lalu, berbagai upaya terus dilakukan, agar pengguna kendaraan merasakan dampak positif dari retribusi parkir berlangganan yang sudah mereka bayarkan.

“Salah satu yang kami lakukan adalah melakukan pembinaan bagi petugas parkir kami, tentu tujuanya agar pelayanan semakin baik, di samping kami juga melengkapi rambu-rambu dan informasi lain terkait parkir,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban, Muji Slamet kepada wartawan seusai memberikan pembinaan, Sabtu (6/7).

Menurut Muji, pembinaan sekaligus evaluasi itu dilakukan untuk memastikan tidak ada penarikan retribusi oleh juru parkir. Sebab, setiap kendaraan yang memiliki register Kabupaten Tuban sudah membayar parkir berlangganan Rp 20.000 untuk kendaraan bermotor roda dua, dan Rp 40.000 untuk kendaraan roda empat, juga jenis-jenis kendaraan tertentu.

“Kami selalu mengingatkan dalam setiap pembinaan yang kami lakukan per triwulan, agar petugas tidak menerima, apalagi menarik retribusi. Kami minta petugas juga menyosialisasikan ke pengguna kendaraan, menyampaikan tidak perlu memberi karena sudah berlangganan,” ungkap Muji Slamet.

Lebih lanjut, Mantan Camat Soko itu juga menyatakan bahwa Dishub selama ini rutin melakukan sidak dan pengawasan tertutup terhadap aktivitas juru parkir yang bertugas di tepi jalan. Hasil pengawasan tersebut sebagai bahan evaluasi bagi petugas yang tidak bekerja sesuai SOP.

Muji mengimbau pengguna jasa parkir langganan tidak perlu lagi membayar retribusi parkir kepada petugas, bahkan harus menolak dan melaporkan jika ada juru parkir yang meminta retribusi. “Petugas lapangan akan memantau aktivitas juru parkir, dan akan memberi teguran jika ada yang melangar,” tegas Muji.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO