Senin, 26 Agustus 2019 10:51

​Konferwil GP Ansor Jatim Digelar 28 Juli di Pesantren Sabilurrosyad Malang

Jumat, 05 Juli 2019 00:58 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Konferwil GP Ansor Jatim Digelar 28 Juli di Pesantren Sabilurrosyad Malang
Ketua caretaker PW GP Ansor Jatim, Abdul Hakam Aqso. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah menunggu hampir 2 tahun, suksesi kepemimpinan di tubuh PW GP Ansor Jatim melalui konferensi wilayah (Konferwil) akhirnya bisa dipastikan akan digelar pada 28 Juli 2019 di Malang.

“Insya Allah Konferwil PW GP Ansor Jatim dilaksanakan 28 Juli 2019 di Malang tepatnya di Ponpes Sabilurrosyad pimpinan KH Marzuki Mustamar yang juga Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim,” ujar Ketua careteker PW GP Ansor Jatim, Abdul Hakam Aqso saat dikonfirmasi, Kamis (4/7)

Menurut Hakam, ada beberapa agenda yang menjadi fokus untuk dibahas dalam penyelenggaraan Konferwil PW GP Ansor Jatim.

“Ada tiga hal yang menjadi fokus bahasan, yakni program, rekomendasi dan review kegiatan Ansor di seluruh Jatim pada periode sebelumnya,” katanya.

Sedangkan untuk agenda pemilihan ketua baru PW GP Ansor Jatim, lanjut Hakam, hanya akan menjadi urusan kedua yang akan dibahas di Konferwil.

“Rekomendasi itu sangat diperlukan agar bisa nantinya menjadi pijakan kepengurusan GP Ansor Jatim yang baru nanti supaya menjadi lebih baik lagi. Inilah yang menjadi perhatian careteker,” imbuhnya.

Sementara menyangkut persyaratan kandidat ketua PW GP Ansor, lanjut Hakam tentunya harus memenuhi AD/ART GP Ansor. Namun secara spesifik yang akan menjadi perhatian justru menyangkut status pengurus cabang dan PAC saat ini, sehingga nantinya akan ada proses akreditasi.

“Akreditasi ini menyangkut status masih hidup atau sudah mati SK kepengurusannya. Sebab ini berkaitan erat dalam kepesertaan di Konferwil mendatang,” jelas pria asli Jawa Tengah ini.

Berdasarkan data yang ada, jumlah peserta konferwil GP Ansor Jatim sejatinya mencapai 500-600-an. Namun karena ada yang SK kepengurusannya sudah mati sehingga yang aktif tinggal sekitar 460-an saja.

“Makanya sekarang dilakukan proses akreditasi sampai Minggu (7/7) mendatang,” imbuhnya.

Ia juga mengaku belum tahu apakah ada kandidat yang akan maju atau mendaftar sebagai calon ketua PW GP Ansor Jatim. Alasannya, proses pendaftaran memang belum dibuka sampai saat ini.

“Insya Allah hari Senin (8/7) depan baru kita buka pendaftaran kandidat,” tegas Abdul Hakam Ansor.

Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan konferwil di beberapa provinsi, kata Hakam, sangat dimungkinkan aklamasi termasuk dalam Konferwil GP Ansor Jatim mendatang. Alasanya, organiasi generasi muda NU hingga badan otonom (banom) NU yang lain mulai sekarang cenderung memprioritaskan musyawarah mufakat dalam pemilihan.

“Paling utama adalah musyawarah mufakat. Sedangkan voting itu menjadi opsi yang paling terakhir dalam proses pemilihan di banom-banom NU termasuk GP Ansor,” tegas Hakam.

Ia juga tidak menampik jika dalam Konferwil GP Ansor Jatim mendatang terjadi calon tunggal sehingga tinggal disahkan dan aklamasi.

“Kalau semua persyaratannya sudah terpenuhi ya bisa saja aklamasi,” pungkasnya usai bertemu dengan Abdul Halim Iskandar selaku dewan penasehat PW GP Ansor Jatim.

Sebagaimana diketahui bersama, kandidat yang sudah muncul ke publik adalah Gus Abid Umar (mantan Ketua PW GP Ansor Jatim) dan Gus Syafik Syauqi (Ketua PC GP Ansor Tuban).

Gus Abid dianggap sukses oleh Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut karena berhasil menghidupkan 432 Pimpinan Anak Cabang (PAC) di Jatim. Abid tampak ikut menemani Ketua careteker PW GP Ansor Jatim, Abdul Hakam Aqso dan Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser, Alfa Isnaeni sowan ke Abdul Halim Iskandar selaku Dewan Penasehat GP Ansor Jatim. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...