Minggu, 20 Oktober 2019 19:35

Hadiri Rakernas XIV Apeksi, Wawali Teno Tunjukkan Stan Kota Pasuruan ke Ketua Dewan Apeksi

Kamis, 04 Juli 2019 18:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Hadiri Rakernas XIV Apeksi, Wawali Teno Tunjukkan Stan Kota Pasuruan ke Ketua Dewan Apeksi
Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo saat menyerahkan cinderamata kepada Ketua Dewan Apeksi Airin Rachmi Diany.

SEMARANG, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T, hadir dalam Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2019 yang  diselenggarakan di Kota Semarang. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari berturut-turut mulai hari Selasa (2/7) sampai dengan hari Jum’at (5/7). 

Wakil Wali Kota Pasuruan tidak sendiri menghadiri Rakernas Apeksi, namun juga didampingi Sekdakot Pasuruan, Asisten I Pemerintahan, Kepala Bapelitbangda, dan Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda.

Selain Wakil Wali Kota Pasuruan, Rakernas ini juga dihadiri sebanyak 98 Wali Kota se-Indonesia dengan beragam kegiatan. Acara diawali dengan Welcome Dinner atau jamuan makan malam yang diselenggarakan di The Renaissance Semarang Jalan Bukit Panorama Jangli, Graha Candi Golf.

Keesokan harinya, kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan Rakernas XIV Apeksi oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo yang diselenggarakan di Hotel Po pada pukul 09.00 WIB. Selanjutnya pukul 13.30 WIB dilaksanakan City Tour dengan tujuan Lawang Sewu, Tugu Muda, Taman Srigunting Kota Lama, Kampung Pelangi, Sampookong dan lokasi ICE Simpang Lima. 

Pada hari yang sama, tepatnya pukul 15.30 WIB digelar pembukaan Indonesia City Expo XVII ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Dewan Apeksi yakni Airin Rachmi Diany, SH, M.H, M.kn. Dilanjutkan dengan peninjauan ke stand-stand.

Ada 127 Stand yang meramaikan Indonesia City Expo XVII termasuk Kota Pasuruan. Ada berbagai produk yang dipamerkan di stan Kota Pasuruan, antara lain craft dari pengrajin limbah kayu, Batik Kota Pasuruan, Sepatu Bordir, Dompet Anyaman, Makanan Bipang Jangkar, Roti Matahari dan Kripik serta Minuman Kopi Kaspandi. Selain itu juga ada Linggarjati dan Jamu Kebonagung.

Dalam kesempatan ini, Wakil Wali Kota Pasuruan menyerahkan cindera mata kepada Wali Kota Semarang Bapak Hendrar Prihadi, SE, MM dan Ketua Dewan Apeksi.

Seusai pembukaan Indonesia City Expo XVII, kegiatan dilanjutkan dengan Pawai Budaya pada pukul 18.00 WIB sampai selesai di depan Gedung Balai Kota Semarang (Jalan Pemuda Nomor 148), yang diikuti seluruh peserta Apeksi XIV.

Adapun rute pawai adalah Jalan Pemuda – Jalan Imam Bonjol – Jalan Pemuda Kota Semarang. Dalam pawai budaya tersebut, Kota Pasuruan menghibur dengan pertunjukkan yang mengambil tema “Kota Pasuruan In Harmoni” yang mencerminkan kerukunan dan keterpaduan budaya setempat sebagai kearifan lokal Kota Pasuruan melalui tampilan Pesona Carnival yang diangkat dari kreativitas pemuda setempat dan juga Tarian Pasuruan Kondang. Keduanya sama-sama menunjukkan ciri khas Kota Pasuruan sebagai komitmen Pemerintah Kota Pasuruan dengan pelaku seni dan budaya sehingga menjadi ajang promosi potensi pariwisata dan seni budaya.

Sebagai penutup, ada penampilan dari Rampak Barong Untung Suropati yang menggambarkan mitos Sandikala. Yaitu sebuah kepercayaan yang muncul dalam tradisi masyarakat di daerah Mbelik Kelurahan Mancilan Kota Pasuruan mengenai sebuah perwujudan pusaka yang digunakan Pahlawan Untung Suropati untuk mengusir penjajah. Sehingga menggambarkan sebuah semangat juang kepatriotisme Untung Suropati dalam melawan Belanda dan juga menjadikan sebuah sarana hiburan masyarakat Kota Pasuruan dan sering dipentaskan dalam kegiatan bersih desa Mbelik.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Pasuruan beserta Ibu ikut dalam pawai budaya bersama 176 orang peserta Kota Pasuruan.

Pada hari Kamis tanggal 4 Juli 2018, dilaksanakan penanaman pohon khas daerah oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Bahrul Ulum, MM didampingi Asisten I Pemerintahan Kota Pasuruan dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan di Hutan Wisata Tinjomoyo Kota Semarang. Pohon yang dibawa oleh Pemerintah Kota Pasuruan sejumlah 3 (tiga) pohon mangga gadung ukuran panjang 2,5 meter. (ard/par/rev)

(Ketua Dewan Apeksi Airin Rachmi Diany saat mengunjungi stan Kota Pasuruan di City Expo XVII rangkaian Rakernas XIV Apeksi)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...