Ratusan Ribu Ekor Benur dari Jambi Kembali akan Dilepas di Pantai Watukarung Pacitan

Ratusan Ribu Ekor Benur dari Jambi Kembali akan Dilepas di Pantai Watukarung Pacitan Pelepasan baby lobster di perairan Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Upaya penyelamatan baby lobster akan kembali dilakukan. Dinas Kelautan Pemprov Jatim wilayah bersama Bea Cukai Jambi dan jajaran terkait akan melepas ratusan ribu ekor benur ke perairan Pantai Watukarung , Kamis (4/7).

"Ratusan ribu ekor benur itu bernilai hampir Rp 30 miliar lebih. Anak lobster itu berasal dari Jambi yang hendak diselundupkan, namun berhasil digagalkan tim dari Bea dan Cukai setempat," kata Ninik Setyorini, Kepala UPT Pengelolaan Sumber Daya Kelautan, Rabu (6/7).

Menurutnya, nanti malam anak lobster itu akan diterbangkan dari Jambi dan mendarat di Yogyakarta. "Kemungkinan malam nanti sudah sampai di . Sehingga besok pagi, sudah bisa kita lepas ke laut," jelas istri dari Wabup Yudi Sumbogo ini.

Lebih lanjut, pejabat bergelar doktor ini mengungkapkan alasan anak lobster itu dilepas di pantai-pantai karena habitat benurnya masih sangat terjaga. Begitu pun para nelayannya, juga masih memiliki komitmen tinggi untuk menjaga dan melestarikan sumber daya laut tersebut agar tidak punah.

"Instruksi dari Bu Menteri (Menteri KKP, Susi Pudjiastuti, Red) memang pantai-pantai di yang dinilainya sangat layak untuk menjaga kelestarian baby lobster. Sebab ditilik dari sisi lingkungan sangat mendukung. Begitu pun masyarakat nelayannya juga berkomitmen kuat untuk tetap menjaga kelestarian. Kalaupun selama ini ada aksi pencurian, itu bukan nelayan asli ," tandasnya. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO