Sakundoko: Dispendukcapil Pacitan Kemungkinan Bakal Diambil Alih Pusat

Sakundoko: Dispendukcapil Pacitan Kemungkinan Bakal Diambil Alih Pusat Plt Kepala BKPPD Pacitan, Sakundoko.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Pacitan Sakundoko mengatakan, ada kemungkinan Dispendukcapil akan diambil alih oleh pemerintah pusat. Hal tersebut seiring akan diberlakukannya pemberian tunjangan kinerja (tukin) bagi semua ASN mulai tahun depan.

Dengan diambilalihnya Dispendukcapil, maka standar pemberian tukin nantinya juga akan mengikuti ketentuan dari Pemerintah Pusat. "Banyak ASN yang berkeinginan pindah ke Dispendukcapil, lantaran nanti kalau benar diambil alih pusat tukin mereka jelas sangat besar," ujar Sakundoko, Senin (1/7).

Bukan hanya di level staf, namun tak sedikit pejabat yang mulai mengincar untuk pindah ke OPD yang menangani administrasi kependudukan itu. "Alasannya, karena besarnya hak tukin yang akan diterima setiap bulan, kalau seandainya menjadi pegawai pusat. Bisa jadi tukin para ASN yang ada di Dispendukcapil dua kali lipat yang akan diterima pegawai daerah. Itulah mengapa saat ini banyak ASN yang mengincar posisi di Dispendukcapil," ungkapnya.

Di sisi lain, sampai saat ini kekosongan kursi pejabat di OPD yang dipimpin Supardianto tersebut sementara waktu ini belum diisi. Baik level eselon III dan IV. "Sebab pengisian pejabat harus meminta rekomendasi dulu ke Mendagri. Karena itu, sementara waktu masih dikosongkan, sambil menunggu keputusan pemerintah soal wacana pengalihan Dispendukcapil menjadi instansi vertikal," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Pacitan Supardianto belum bisa dikonfirmasi. Dihubungi via pesan WhatsApp, yang bersangkutan mengaku tengah mengikuti rapat dinas di ruang rapat bupati. "Nuwun sewu, masih rapat di ruang rapat bupati," jawab Supardianto, Senin (1/7). (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO