Kamis, 19 September 2019 20:32

Novita Nur Arifin: Kebersihan Kawasan Wisata, Tanggung Jawab Kita Semua

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Herman Subagyo
Novita Nur Arifin: Kebersihan Kawasan Wisata, Tanggung Jawab Kita Semua
Novita Hardiny saat memunguti sampah di bibir pantai. foto: Herman Subagyo/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.

Pernyataan ini disampaikan Novita ketika menyampaikan sambutan di acara sarasehan yang digelar di kawasan wisata Pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Ahad (23/6).

"Kebersihan tempat pariwisata itu harus kita jaga secara bersama-sama. Tidak bisa kebersihan tempat pariwisata itu hanya dibebankan pada pemerintah daerah. Jadi, kita harus menggandeng semua pihak baik itu pemerintah daerah, masyarakat, maupun pengunjung wisata itu sendiri," ucapnya.

Novita lantas menekankan bahwa tugas kita saat ini adalah bagaimana agar para wisatawan itu merasa nyaman serta merasa kangen dengan kebersihan dan keramahan yang terdapat di kawasan wisata itu.

"Sebentar lagi akan ada program Adipura Desa yang hadiahnya sekitar 400 juta untuk desa besar. Nah, hadiahnya ini nanti bisa digunakan untuk banyak hal dan banyak sekali manfaatnya, untuk membangun pariwisata, membangun UMKM, dan sebagainya," paparnya.

Guna meraih juara dalam Program Adipura Desa tersebut, Novita menyampaikan masyarakat harus berperan aktif melakukan kerja sama dengan Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kecamatan untuk membangun wisata yang layak untuk didatangi.

Usai memberikan sambutan, Novita lantas mengajak seluruh peserta sarasehan untuk bersama-sama membersihkan sampah yang ada di sekitar kawasan Wisata Pantai Prigi.

Ketika Novita dan rombongan membersihkan sampah di sekitar bibir pantai, ia menyempatkan diri menghampiri wisatawan dan menyampaikan agar tidak membuang sampah secara sembarangan dan turut serta menjaga kebersihan di sekitar pantai. (man/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...