Unej Buka SBMPTBR 2019, Tesnya Berbasis Komputer, Kampus Pasuruan Juga Buka Pendaftaran

Unej Buka SBMPTBR 2019, Tesnya Berbasis Komputer, Kampus Pasuruan Juga Buka Pendaftaran

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Mulai tahun ini, Universitas Jember () membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru 2019 jalur ujian mandiri. Ujian tersebut lebih dikenal sebagai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR). Untuk pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 17 Juni lalu, hingga 11 Juli 2019 nanti.

Namun ada perbedaan antara SBMPTBR tahun ini dengan tahun sebelumnya, yakni SBMPTBR 2019 menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dipusatkan di Kampus Tegalboto. Untuk pendaftaran juga dibuka Program Studi Diploma 3 Keperawatan Kampus Pasuruan yang baru saja bergabung tahun ini.

Rencananya dari jalur SBMPTBR ini, akan menerima sekitar 1.454 mahasiswa baru yang merupakan 20 persen dari total mahasiswa baru 2019 yang akan diterima.

Wakil Rektor I Zulfikar menyampaikan, untuk SBMPTBR tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar di Jember, Bondowoso, Lumajang, Banyuwangi, dan Probolinggo. Tahun ini, tes dipusatkan di Kampus Tegalboto saja.

"Pelaksanaan UTBK dari 15 Juli hingga 21 Juli 2019, sehingga peserta pun bisa memilih hari dan sesi UTBK yang dikehendaki. Pada setiap hari ada dua sesi ujian, di mana di setiap sesi kita menyediakan 800 komputer,” jelas Zulfikar saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Jumat (21/6/2019).

sendiri, kata Zulfikar, membuka pendaftaran untuk semua program studinya, baik sarjana maupun diploma. “Perlu diketahui, selain memiliki kampus di Jember, Universitas Jember juga telah membuka kampus di Bondowoso, Lumajang, dan yang terbaru di Pasuruan,” sambungnya.

Terkait teknis pelaksanaan SBMPTBR, juga menggandeng Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di wilayah Besuki Raya. “Sehingga peserta nantinya, bisa memilih akan kuliah di PTN atau di PTS,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO