Rabu, 27 Mei 2020 15:05

Bupati Blitar Berangkatkan Kontingen Jumbara PMR PMI ke Provinsi Jatim

Kamis, 20 Juni 2019 16:00 WIB
Editor: Redaksi
Wartawan: Akina Nur Alana
Bupati Blitar Berangkatkan Kontingen Jumbara PMR PMI ke Provinsi Jatim
Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto M.M, saat memberangkatkan kontingen Jumbara PMR PMI Kabupaten Blitar menuju Jumbara PMR IX PMI Provinsi Jawa Timur 2019, Kamis (20/06/2019).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bupati Blitar sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blitar resmi memberangkatkan kontingen Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) PMI Kabupaten Blitar menuju Jumbara PMR IX PMI Provinsi Jawa Timur 2019, Kamis (20/06/2019).

Pemberangkatan ini dimulai dengan upacara yang digelar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN). Selain pengurus PMI Kabupaten Blitar, sejumlah kepala OPD juga turut hadir. Di antaranya Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Pendidikan.

Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto M.M, mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda dari PMI sebagai bentuk pembinaan terhadap PMR. Agenda Jumbara ini digelar setiap lima tahun sekali baik tingkat nasional, regional, maupun daerah.

"Untuk daerah sudah kita adakan, nah selanjutnya ini akan mengikuti tingkat Regional Jawa Timur. Kali ini Jumbara Regional dilakukan di Magetan," kata Bupati usai upacara pemberangkatan.

Lebih lanjut Bupati menuturkan, untuk mengikuti kegiatan yang dilakukan mulai 23 - 29 Juni 2019, PMR sudah disiapkan melalui seleksi yang ketat. Di mana perwakilan dari sekolah-sekolah telah diseleksi, baik PMR tingkat mula, madya, hingga wira. Dari situ muncul kontingen yang diberangkatkan dengan jumlah total 60 orang termasuk pendamping.

"Saya berpesan kepada adik-adik untuk menjaga kesehatan. Karena kegiatan ini banyak dilakukan di alam terbuka, sehingga fisik harus benar-benar dijaga," ujarnya.

Selain itu, kata Bupati, kebersamaan juga harus dijaga, karena kegiatan ini melatih tim. Menurutnya, banyak kegiatan yang berkaitan dengan palang merahan.

"Ini sangat penting sekali untuk membentuk karakter mereka. Sehingga ke depan bisa membuat generasi muda kita yang berkualitas, cinta tanah air dan sesama, serta siap menjadi pemimpin penerus bangsa," tandasnya.

Bupati juga mengingatkan anak-anak agar membawa nama baik Kabupaten Blitar dengan melakukan tiga hal yakni, datang, melihat, dan menang.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kabupaten Blitar, Bambang Wahyudianto mengatakan, keberangkatan ke Magetan akan dilakukan Jumat (21/06) besok. Ada 60 orang yang berangkat terdiri dari 12 PMR mula, 12 PMR Madya, PMR Wira 13, dan sisanya sebanyak 23 orang merupakan pendamping.

"Jadi selain PMR kontingen yang dinilai, nantinya pembina fasilitator juga dinilai. Sehingga ada tenaga sukarela dan kop sukarela," imbuhnya. (adv/humas)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...