Jumat, 18 Oktober 2019 16:44

Bupati Blitar Berangkatkan Kontingen Jumbara PMR PMI ke Provinsi Jatim

Kamis, 20 Juni 2019 16:00 WIB
Editor: Redaksi
Wartawan: Akina Nur Alana
Bupati Blitar Berangkatkan Kontingen Jumbara PMR PMI ke Provinsi Jatim
Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto M.M, saat memberangkatkan kontingen Jumbara PMR PMI Kabupaten Blitar menuju Jumbara PMR IX PMI Provinsi Jawa Timur 2019, Kamis (20/06/2019).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bupati Blitar sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blitar resmi memberangkatkan kontingen Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) PMI Kabupaten Blitar menuju Jumbara PMR IX PMI Provinsi Jawa Timur 2019, Kamis (20/06/2019).

Pemberangkatan ini dimulai dengan upacara yang digelar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN). Selain pengurus PMI Kabupaten Blitar, sejumlah kepala OPD juga turut hadir. Di antaranya Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Pendidikan.

Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto M.M, mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda dari PMI sebagai bentuk pembinaan terhadap PMR. Agenda Jumbara ini digelar setiap lima tahun sekali baik tingkat nasional, regional, maupun daerah.

"Untuk daerah sudah kita adakan, nah selanjutnya ini akan mengikuti tingkat Regional Jawa Timur. Kali ini Jumbara Regional dilakukan di Magetan," kata Bupati usai upacara pemberangkatan.

Lebih lanjut Bupati menuturkan, untuk mengikuti kegiatan yang dilakukan mulai 23 - 29 Juni 2019, PMR sudah disiapkan melalui seleksi yang ketat. Di mana perwakilan dari sekolah-sekolah telah diseleksi, baik PMR tingkat mula, madya, hingga wira. Dari situ muncul kontingen yang diberangkatkan dengan jumlah total 60 orang termasuk pendamping.

"Saya berpesan kepada adik-adik untuk menjaga kesehatan. Karena kegiatan ini banyak dilakukan di alam terbuka, sehingga fisik harus benar-benar dijaga," ujarnya.

Selain itu, kata Bupati, kebersamaan juga harus dijaga, karena kegiatan ini melatih tim. Menurutnya, banyak kegiatan yang berkaitan dengan palang merahan.

"Ini sangat penting sekali untuk membentuk karakter mereka. Sehingga ke depan bisa membuat generasi muda kita yang berkualitas, cinta tanah air dan sesama, serta siap menjadi pemimpin penerus bangsa," tandasnya.

Bupati juga mengingatkan anak-anak agar membawa nama baik Kabupaten Blitar dengan melakukan tiga hal yakni, datang, melihat, dan menang.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kabupaten Blitar, Bambang Wahyudianto mengatakan, keberangkatan ke Magetan akan dilakukan Jumat (21/06) besok. Ada 60 orang yang berangkat terdiri dari 12 PMR mula, 12 PMR Madya, PMR Wira 13, dan sisanya sebanyak 23 orang merupakan pendamping.

"Jadi selain PMR kontingen yang dinilai, nantinya pembina fasilitator juga dinilai. Sehingga ada tenaga sukarela dan kop sukarela," imbuhnya. (adv/humas)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...