Senin, 24 Juni 2019 16:39

Plt Kepala DPU BMSDA Pilih Tinggalkan Rapat Karena Merasa Terintimidasi: Saya Sakit Hati!

Rabu, 12 Juni 2019 22:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Plt Kepala DPU BMSDA Pilih Tinggalkan Rapat Karena Merasa Terintimidasi: Saya Sakit Hati!
Suasana hearing antara rekanan dengan Komisi C dan DPU BMSDA Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Rapat dengar pendapat (hearing) Komisi C DPRD bersama dengan Formasi berakhir kurang harmonis. Pasalnya saat rapat ditutup, Plt Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPU BMSDA) Yessiana Arrifah meninggalkan ruangan dengan terburu-buru. Dirinya mengaku terintimidasi dalam hearing tersebut. 

Sebelum meninggalkan ruang rapat, Yessi menyampaikan terkait keluhan yang disampaikan Formasi, pihaknya mengaku akan berkoordinasi dengan bawahannya. “Saya positif, bahwa terkait persoalan ini tidak ada main mata. Bahkan terkait persoalan teknis ini, saya kurang tahu. Tapi seperti halnya trial aspal, ada satu atau 2 orang yang mengajukan kepada kami. Sekitar bulan Maret,” kata Yessi, Rabu (12/6).

“Kalaupun ada persoalan, ini adalah interpretasi atas perintah saya,” sambungnya.

Terkait proyek asrama haji, yang juga disinggung Yessi, juga dikawal langsung olehnya untuk proses perencanaannya. “Tahun kemarin terkait asrama haji itu. Saya kurang tahu, mestinya sudah dipajang hasil perencanaan kami yang ada di jalan-jalan itu, output perencaaan kami. Nanti saya sampaikan ke PA-nya Cipta Karya agar dicek,” ungkapnya.

Kemudian untuk Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ), lanjut Yessi, dirinya membenarkan bahwa tugasnya hanya sebagai wasit. “Kemudian dinas yang mempersyaratkan atau rambu-rambunya. Pokja hanya pihak independen yang melaksanakan dan mengecek penawaran,” katanya.

Setelah menyampaikan hal-hal tersebut, sejumlah pertanyaan dilontarkan para anggota rapat. Hal inilah yang membuatnya merasa terintimidasi. Dirinya pun langsung meninggalkan ruang rapat saat akan ditutup.

“Dalam forum itu saya sakit hati. Karena jika diserang dari sisi kebijakan dan lain sebagainya, silakan! Tapi kalau dari sisi pribadi saya tidak tahu motifnya apa,” katanya sambil berlalu.

“Saya ingin melupakan, sudah,” sambungnya singkat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi C DPRD Jember Siswono merasa prihatin, karena DPU BMSDA sebagai pengguna anggaran memang tidak harusnya sendiri menanggapi pertanyaan dalam rapat tersebut.

“Karena tujuannya itu PPK, Bu Yessi hanya pengguna anggaran. Terus karena hadir sendiri, akhirnya menanggapi pertanyaan yang bertumpuk dari teman-teman (Formasi). Bahkan dalam tanda kutip, Bu Yessi juga mungkin kurang detail mempelajari dokumen-dokumen yang dikirim Pokja,” kata Siswono.

Selanjutnya, karena belum ada titik temu terkait pesoalan tersebut, legislator Gerindra ini akan mencari rekomendasi terkait persoalan yang dialami belasan rekanan tersebut. “Jika dokumen ini (hal yang disampaikan Formasi) syarat persoalan hukum, maka kita bisa ke kejaksaan, dan ke Polres,” ucapnya.

Terkait keluhan Yessi yang mengaku merasa sakit hati, Siswono mengaku sudah berupaya meredam gejolak dalam hearing tersebut. “Saya sempat menyetop pertanyaan yang menanyakan tentang kapasitas kemampuan. Karena Bu Yessi menjawab ketika ditanya, tidak memuaskan bagi teman-teman. Yang hanya menjawab akan ditanyakan ke bawahan saya. Tidak menegaskan dengan jawaban tegas,” tandasnya. (jbr1/yud)

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...