Hari Pertama Masuk Kerja, Dispendukcapil Pacitan Diserbu Pemohon Adminduk

Hari Pertama Masuk Kerja, Dispendukcapil Pacitan Diserbu Pemohon Adminduk Para pemohon adminduk yang ngantre di ruang tunggu Dispendukcapil Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Hari pertama usai cuti lebaran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pacitan dibanjiri ratusan pemohon administrasi kependudukan (adminduk).

Mayoritas mereka merupakan warga perantauan yang mudik lebaran dan mengurus keperluan adminduknya sebelum bertolak kembali ke kota.

Kepala Dispendukcapil Pacitan Supardianto menegaskan, mayoritas para pemohon hendak mengurus KTP. Juga ada beberapa di antaranya yang mengurus KK, akta kelahiran, surat pindah, dan legalisir.

"Hari pertama kerja, pemohon sempat membeludak. Mereka kebanyakan warga perantauan serta tak sedikit pula warga lokal yang mengurus adminduk," katanya saat dikonfirmasi usai halal bihalal di halaman pendopo kantor Bupati Pacitan, Senin (10/6).

Mantan Kasatpol PP ini juga mengungkapkan jika pemohon KTP saat ini belum bisa diberikan kepingan KTP elektronik. Sebab sejak pertengahan Ramadhan lalu, Dispendukcapil telah kehabisan blanko.

Untuk sementara, para warga yang memohon KTP elektronik atau perubahan hanya bisa diberikan surat keterangan (suket) pengganti KTP elektronik.

"Kita sudah mengajukan, namun belum ada jawaban dari Kemendagri. Bahkan ada staf Kemendagri yang rumahnya Wonogiri sempat kita kontak, namun sayangnya yang bersangkutan tidak pulang mudik. Sehingga sementara waktu ini masih kita berikan suket. Itu sama kekuatan hukumnya dengan KTP elektronik," jelas Supardianto.

Adapun pada hari pertama masuk kerja ini, Dispendukcapil Pacitan masih tetap membuka pelayanan perekaman e-KTP hingga pukul 00.00 WIB. "Nanti kita istirahat dan dilanjutkan sampai tengah malam," tandasnya. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO