Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari Wonotirto Blitar Dihadiri Bupati

Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari Wonotirto Blitar Dihadiri Bupati Bupati Blitar Rijanto ikut meneropong saat menghadiri Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bupati Blitar Rijanto menghadiri Rukyatul Hilal Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar untuk menentukan jatuhnya 1 Syawal 1440 Hijriyah, di Bukit Banjarsari Desa/Kecamatan Wonotirto, Senin (3/6/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Rijanto mengatakan sebelumnya Rukyatul Hilal dilakukan di Pantai Serang. Namun di pantai yang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo itu, sejak pertama kali digelar tercatat Hilal hanya terlihat satu kali.

"Sebelumnya dulu sejak jaman Bupati Muhadi sampai saya jadi bupati, tercatat Hilal hanya sekali terlihat di Pantai Serang," ungkap Rijanto.

Untuk itu, setelah melalui berbagai pertimbangan diputuskan Rukyatul Hilal dipindah dari Pantai Serang ke Bukit Banjarsari. "Atas beberapa pertimbangan akhirnya diputuskan digeser dari Pantai Serang ke Bukit Banjarsari. Saat penentuan 1 Ramadhan lalu Alhamdulillah Hilal dapat terlihat dari Bukit Banjarsari. Dan semoga hari ini juga membuahkan hasil," jelasnya.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini mengatakan tidak menutup kemungkinan Bukit Banjarsari dalam perkembangannya akan menjadi obyek wisata religi.

"Bukit Banjarsari ini posisinya bagus, udaranya sejuk, sehingga tidak menutup kemungkinan ke depan akan menjadi obyek wisata religi," imbuhnya.

Sementara pada sore itu, Hilal tak terlihat dari Bukit Banjarsari. Saiful Ali anggota Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Blitar mengatakan posisi Hilal masih di bawah ufuk.

"Saat ini tinggi hilal -0°26. Sementara Hilal tenggelam pukul 17.20 WIB. Padahal matahari tenggelam pukul 17.22. Nah, ini tidak mungkin dirukyat karena Hilal sudah tenggelam matahari masih nampak," ungkap Saiful Ali.

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Blitar Suhadi mengatakan Bukit Banjarsari merupakan salah satu dari 150 titik di Indonesia yang digunakan untuk melihat Hilal, sebagai referensi sidang Isbat Kementrian Agama RI.

"Hasil ini akan langsung kami laporkan ke Kemenag RI sebagai referensi sidang Isbat karena Bukit Banjarsari Kabupaten Blitar ini merupakan satu dari 150 titik di seluruh Indonesia yang digunakan untuk lokasi Rukyatul Hilal," terang Suhadi. (adv/humas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO