Kamis, 19 September 2019 10:06

Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari Wonotirto Blitar Dihadiri Bupati

Senin, 03 Juni 2019 19:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari Wonotirto Blitar Dihadiri Bupati
Bupati Blitar Rijanto ikut meneropong saat menghadiri Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bupati Blitar Rijanto menghadiri Rukyatul Hilal Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar untuk menentukan jatuhnya 1 Syawal 1440 Hijriyah, di Bukit Banjarsari Desa/Kecamatan Wonotirto, Senin (3/6/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Rijanto mengatakan sebelumnya Rukyatul Hilal dilakukan di Pantai Serang. Namun di pantai yang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo itu, sejak pertama kali digelar tercatat Hilal hanya terlihat satu kali.

"Sebelumnya dulu sejak jaman Bupati Muhadi sampai saya jadi bupati, tercatat Hilal hanya sekali terlihat di Pantai Serang," ungkap Rijanto.

Untuk itu, setelah melalui berbagai pertimbangan diputuskan Rukyatul Hilal dipindah dari Pantai Serang ke Bukit Banjarsari. "Atas beberapa pertimbangan akhirnya diputuskan digeser dari Pantai Serang ke Bukit Banjarsari. Saat penentuan 1 Ramadhan lalu Alhamdulillah Hilal dapat terlihat dari Bukit Banjarsari. Dan semoga hari ini juga membuahkan hasil," jelasnya.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini mengatakan tidak menutup kemungkinan Bukit Banjarsari dalam perkembangannya akan menjadi obyek wisata religi.

"Bukit Banjarsari ini posisinya bagus, udaranya sejuk, sehingga tidak menutup kemungkinan ke depan akan menjadi obyek wisata religi," imbuhnya.

Sementara pada sore itu, Hilal tak terlihat dari Bukit Banjarsari. Saiful Ali anggota Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Blitar mengatakan posisi Hilal masih di bawah ufuk.

"Saat ini tinggi hilal -0°26. Sementara Hilal tenggelam pukul 17.20 WIB. Padahal matahari tenggelam pukul 17.22. Nah, ini tidak mungkin dirukyat karena Hilal sudah tenggelam matahari masih nampak," ungkap Saiful Ali.

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Blitar Suhadi mengatakan Bukit Banjarsari merupakan salah satu dari 150 titik di Indonesia yang digunakan untuk melihat Hilal, sebagai referensi sidang Isbat Kementrian Agama RI.

"Hasil ini akan langsung kami laporkan ke Kemenag RI sebagai referensi sidang Isbat karena Bukit Banjarsari Kabupaten Blitar ini merupakan satu dari 150 titik di seluruh Indonesia yang digunakan untuk lokasi Rukyatul Hilal," terang Suhadi. (adv/humas)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...