Senin, 14 Oktober 2019 18:53

KPU Tuban Sampaikan Hasil Audit Laporan Dana Kampanye Pada Parpol

Senin, 03 Juni 2019 12:56 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
KPU Tuban Sampaikan Hasil Audit Laporan Dana Kampanye Pada Parpol
Foto bersama jajaran KPU, Bawaslu, serta perwakilan parpol setelah penyampaian hasil audit laporan dana kampanye peserta pemilu 2019 tingkat Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menyampaikan hasil audit laporan dana kampanye kepada Partai Politik (Parpol) yang menjadi peserta pemilu 2019 tingkat kabupaten, Sabtu (1/6) malam.

Kegiatan yang diselenggarakan di lantai 2 Gedung KPU Tuban itu dihadiri seluruh partai politik, kecuali perwakilan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PKPI, dan Partai Garuda.

Divisi Hukum, SDM, dan Pengawasan KPU Kabupaten Tuban, Fathul Ihsan mengatakan, secara umum seluruh parpol sudah patuh membut laporan dana kampanye tingkat kabupaten. Namun, ada tiga parpol yang tidak patuh dan tidak menyetor laporan dana kampaye, yakni PSI, PKPI dan Partai Garuda.

"Malam ini kita undang parpol peserta pemilu dengan menyampaikan hasil audit dari KAP dan akan kami umumkan dalam batas waktu 10 hari ke depan," ungkap Ihsan begitu sapaan akrabnya.

Kata dia, hasil audit wajib dilaporkan 10 hari setelah diberikan oleh KAP ke KPU. Kemudian, KPU memberikan hasil audit kepada partai politik. Penyampaian ini dinilai penting karena hasil audit merupakan kesimpulan dari tiga laporan dana kampanye yang sudah diberikan oleh peserta pemilu. Baik itu Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), dan Laporan Penerimaan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

"Laporan dana kampanye ini wajib bagi semua Parpol. Jika tidak melaporkan, maka calon legislatif yang terpilih pada Pemilu 2019 bisa dibatalkan," tegasnya.

Di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Kabupaten Tuban Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, M Arifin juga menyampaikan, ada tiga parpol yang tak melaporkan laporan dana kampanye. Menurutnya, tidak ada sanksi pidana bagi parpol yang tidak melaporkan dana kampanye. Namun, jika ada calegnya yang menjadi anggota, maka terancam tidak dilantik.

"Secara umum hasil pengawasan kami, teman-teman parpol Tuban telah patuh dalam penyampaian laporan dana kampanye sejak awal sampai digunakan," paparnya. (gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...