Rabu, 01 April 2020 04:41

KPU Tuban Sampaikan Hasil Audit Laporan Dana Kampanye Pada Parpol

Senin, 03 Juni 2019 12:56 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
KPU Tuban Sampaikan Hasil Audit Laporan Dana Kampanye Pada Parpol
Foto bersama jajaran KPU, Bawaslu, serta perwakilan parpol setelah penyampaian hasil audit laporan dana kampanye peserta pemilu 2019 tingkat Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menyampaikan hasil audit laporan dana kampanye kepada Partai Politik (Parpol) yang menjadi peserta pemilu 2019 tingkat kabupaten, Sabtu (1/6) malam.

Kegiatan yang diselenggarakan di lantai 2 Gedung KPU Tuban itu dihadiri seluruh partai politik, kecuali perwakilan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PKPI, dan Partai Garuda.

Divisi Hukum, SDM, dan Pengawasan KPU Kabupaten Tuban, Fathul Ihsan mengatakan, secara umum seluruh parpol sudah patuh membut laporan dana kampanye tingkat kabupaten. Namun, ada tiga parpol yang tidak patuh dan tidak menyetor laporan dana kampaye, yakni PSI, PKPI dan Partai Garuda.

"Malam ini kita undang parpol peserta pemilu dengan menyampaikan hasil audit dari KAP dan akan kami umumkan dalam batas waktu 10 hari ke depan," ungkap Ihsan begitu sapaan akrabnya.

Kata dia, hasil audit wajib dilaporkan 10 hari setelah diberikan oleh KAP ke KPU. Kemudian, KPU memberikan hasil audit kepada partai politik. Penyampaian ini dinilai penting karena hasil audit merupakan kesimpulan dari tiga laporan dana kampanye yang sudah diberikan oleh peserta pemilu. Baik itu Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), dan Laporan Penerimaan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

"Laporan dana kampanye ini wajib bagi semua Parpol. Jika tidak melaporkan, maka calon legislatif yang terpilih pada Pemilu 2019 bisa dibatalkan," tegasnya.

Di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Kabupaten Tuban Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, M Arifin juga menyampaikan, ada tiga parpol yang tak melaporkan laporan dana kampanye. Menurutnya, tidak ada sanksi pidana bagi parpol yang tidak melaporkan dana kampanye. Namun, jika ada calegnya yang menjadi anggota, maka terancam tidak dilantik.

"Secara umum hasil pengawasan kami, teman-teman parpol Tuban telah patuh dalam penyampaian laporan dana kampanye sejak awal sampai digunakan," paparnya. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...