Selasa, 17 September 2019 12:28

​Aji Mumpung, Jukir di Alun-alun Pasuruan Kota Nekat Naikkan Tarif Hingga 700 Persen

Senin, 03 Juni 2019 00:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Supardi
​Aji Mumpung, Jukir di Alun-alun Pasuruan Kota Nekat Naikkan Tarif Hingga 700 Persen
Suasana parkir di Alun-alun Pasuruan Kota yang sampai membeludak di pinggir jalan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Memasuki H-3 hari raya Idul Fitri 1440 H, di sekitar Alun-alun Pasuruan Kota Ramai pengunjung, Ahad (2/6). Parkir kendaraan roda dua dan roda empat membeludak hingga membuat macet di sepanjang jalan sekitar alun-alun.

Namun, ramainya pengunjung Alun-alun Pasuruan Kota ini ternyata dimanfaatkan oknum jukir untuk mengeruk untung dengan menaikkan tarif parkir seenaknya hingga selangit.

Menurut keterangan H. Fadil, seorang pengunjung mal di utara Alun-alun Pasuruan Kota, lonjakan pengunjung meningkat tajam. Bahkan, lonjakan pengunjung itu juga terjadi hampir di setiap pusat perbelanjaan.

Mereka datang dari berbagai sudut kota/desa di wilayah Pasuruan itu dengan menaiki kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4. "Fenomena inilah yang dimanfaatkan oleh para pengelola parkir nakal untuk menaikkan tarif secara sepihak." kata Fadil.

Ia menyebutkan, tarif parkir untuk kendaraan roda dua atau motor sesuai perda seharusnya hanya Rp 2.000. Namun, saat ini tarif parkir mendadak berubah menjadi Rp 10.000. Sedangkan untuk tarif parkir mobil, meningkat dari Rp 3.000 Menjadi 20.000. Itu pun tanpa karcis.

Fadil mengaku sempat mempertanyakan aturan yang menjadi landasan pengelola parkir untuk menaikkan tarif kepada petugas dari Dinas Perhubungan. Sebab menurutnya, retribusi parkir sepeda motor sesuai perda hanya Rp 2.000, sedangkan untuk mobil Rp 3.000.

"Petugas dari Dinas Perhubungan tidak bisa memberi keterangan. Dia (petugas Dishub) cerita, upaya penertiban atas keluhan pengunjung terkait kenaikan tarif parkir itu sudah dilakukan. Namun, dari pengelola parkir tetap nekat," kata H. Fadil menirukan petugas Dishub Pasuruan Kota.

Sementara itu, salah seorang petugas parkir yang enggan disebut namanya menjelaskan, pemberlakuan tarif baru memang sengaja dilakukan menjelang lebaran. "Kenaikan tarif itu sudah rutin setiap menjelang lebaran. Kan cuma setahun sekali, itung-itung berburu rezeki,'' ujarnya dengan enteng. (par/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...