Didik Anak Peduli Sesama, Risma Ajak Belasan Murid Resmikan SDN 1 Obel-obel di Lombok

Didik Anak Peduli Sesama, Risma Ajak Belasan Murid Resmikan SDN 1 Obel-obel di Lombok Disaksikan Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy, Wali Kota Risma menandatangani prasasti peresmian sekolah SDN 1 Obel-obel. Foto: YUDI ARIANTO/BANGSAONLINE

LOMBOK, BANGSAONLINE.com - Belasan anak SD dan SMP tampak turun dari sebuah bus yang mengangkut rombongan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Selasa (28/5). Mereka tiba di sekolah SDN 1 Obel-obel, Kelurahan Obel-obel, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kedatangan anak-anak SD dan SMP yang berasal dari berbagai sekolah di Kota Surabaya ini dalam rangka mendampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan serah terima sekolah tersebut kepada Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy.

"Saya sengaja mengajak anak-anak SD dan SMP ini supaya mereka peduli terhadap orang lain. Meskipun uang receh Rp 500 atau Rp 1.000, mereka kumpulin dari sisa uang sakunya untuk disumbangkan ke sekolah ini," ungkap Risma.

Risma berharap, dengan kehadiran para siswa secara langsung melihat kondisi di lapangan ini, rasa peduli terhadap sesama anak bangsa ini muncul. Menurutnya, hal tersebut bisa mendidik anak-anak menjadi tangguh.

"Selama ini kita selalu mengajarkan kepada anak-anak bahwa tidak ada gunanya kalau pintar tapi tidak peduli dengan orang lain yang sedang mengalami kesusahan," tegasnya.

Risma menambahkan, gedung SDN 1 Obel-obel didesain dengan struktur tahan gempa. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kembali terjadinya gempa di wilayah rawan tersebut. Terkait biaya pembangunan sekolah tersebut, ia mengaku anggaran yang dihabiskan mencapai Rp 1,567 miliar.

"Awalnya anggarannya Rp 800 juta sama mebelnya. Ternyata setelah dihitung ulang, habisnya Rp 1,5 miliar lebih, karena supaya tahan gempa. Itu pun belum sama mebelnya. Insya Allah nanti kita carikan untuk mebelnya," tambah wali kota perempuan pertama di Surabaya itu.

(Murid-murid SDN 1 Obel-obel foto bersama usai menerima foto gedung sekolahnya dari murid-murid SD dan SMP Kota Surabaya)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO