Sidak ke Supermarket dan Swalayan, Petugas Gabungan di Bangkalan Temukan Mamin Berkemasan Rusak

Sidak ke Supermarket dan Swalayan, Petugas Gabungan di Bangkalan Temukan Mamin Berkemasan Rusak Indah Wahyuni Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes dan Nurbaida Kabid Metrologi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan saat memeriksa mamin di Bangkalan Plaza, Selasa (28/05/2019). foto: FAUZI/ BANGSAONLINE

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Petugas gabungan terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Satpol PP, dan Polres Bangkalan menggelar sidak ke beberapa supermaket yang ada di wilayah Kota Bangkalan, Selasa (28/05/2019).

Indah Wahyuni Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes mengatakan sidak ini dilakukan untuk memastikan makanan dan minuman (mamin) yang dijual aman dan layak dikonsumsi, mengigat daya beli masyarakat di bulan puasa meningkat, apalagi menjelang lebaran.

"Sidak kali ini bukan hanya sidak makan dan minuman (mamin) yang kedaluwarsa, akan tetapi terhadap kualitas mamin agar tetap terjaga,  termasuk juga packing (bungkus)," ujarnya

Adapun yang menjadi sasaran sidak adalah supermarket modern di antaranya supermaket Tom and Jerry, Indah Swalayan, Matahari, dan Babur Rizqi, serta Bangkalan Plaza.

"Alhamdulillah, dari 5 titik tersebut tidak ditemukan mamin yang kedaluwarsa. Hanya ada satu-dua yang packingnya rusak, tapi tetap yang kemasan rusak kita ambil karena kemasan yang rusak akan mempengaruhi terhadap kualitas makanannya," tegas Indah.

Ia mengimbau kepada toko agar tak menjual mamin yang packingnya rusak, serta mengembalikannya ke produsen.

Sementara Nurbaida, Kabid Metrologi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan menambahkan bahwa sidak ini untuk menjamin mutu dan memberikan perlindungan kepada konsumen. 

"Sidak menjelang lebaran memang bagian program dari dinas perdagangan. Sebenarnya Dinas Perdagangan melaksanakan 8 kali sidak selama setahun ke pasar-pasar," jelas Ida panggilan akrabnya. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO