FKUB Tuban Gelar Buka Puasa Bersama dengan Tokoh Lintas Agama

FKUB Tuban Gelar Buka Puasa Bersama dengan Tokoh Lintas Agama Para pemuka agama bersama perwakilan Kesbangpol, dan Kapolres Tuban foto bareng usai buka bersama.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tuban, Rabu (22/05) sore, menggelar Rapat Rutin sekaligus Buka Bersama di Plaza Ikan, Jl. Panglima Sudirman Kelurahan Karangsari Tuban.

Selain para tokoh dari 6 agama, acara ini juga dihadiri sejumlah instansi terkait seperti Kesbangpol, Kemenag, Polres, dan Kepala Desa setempat.

Ketua FKUB Tuban, KH. Masduqi NS dalam sambutannya mengajak para pemuka agama untuk terus menjaga kerukunan antar umat beragama di wilayah Tuban yang sudah berjalan penuh toleransi.

Ia berharap, kebersamaan dalam berbuka puasa dengan tokoh dari berbagai latar belakang agama kali ini bisa menghilangkan stereotip yang muncul tentang perbedaan kepercayaan. 

"Pertemuan ini hanyalah sebagian kecil dari apa yang bisa dilakukan untuk hubungan harmonis antara umat beragama di Indonesia. Masih banyak ruang diskusi dan pertemuan lain tokoh lintas agama," tegasnya.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Tuban, Didik Purwanto mengapresiasi peran FKUB selama ini, yang telah menjaga kerukunan antar umat beragama. Salah satunya terkait masalah klenteng yang tak kunjung selesai.

"Insyaallah setelah lebaran akan kita ajak komunikasi lagi pengurus klenteng beserta FKUB dan instansi terkait," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, FKUB Tuban juga menyatakan sikap menolak dan mengutuk segala bentuk kekerasan pasca pemilu yang terjadi di Jakarta. Kerusuhan itu dinilai menyebabkan rakyat menderita dan menimbulkan ketakutan.

Di temui secara terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid, mengajak semua komponen masyarakat untuk saling bertoleransi antar umat beragama. Hal tersebut sangat penting dilakukan guna menjaga keutuhan NKRI.

"Saling menghargai satu sama lain harus kita lakukan sebagai makhluk Tuhan," ungkapnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO