Nama KH Ahmad Siddiq Bakal Digunakan untuk UIN Jember

Nama KH Ahmad Siddiq Bakal Digunakan untuk UIN Jember Rektor IAIN Jember, Babun Suharto. foto iain-jember.ac.id

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Nama KH Ahmad Siddiq bakal digunakan untuk nama UIN Jember ketika alih status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember yang bakal menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) nantinya. Rektor IAIN Jember, Babun Suharto sudah sowan ke keluarga KH. Ahmad Siddiq untuk membicarakan hal itu.

Rektor IAIN sowan langsung ke rumah KH. Muhammad Balya Firjoun Barlaman yang merupakan Putra Rais Am PBNU, KH Ahmad Siddiq. Pertemuan yang berlangsung Kamis (16/5) berlangsung secara tertutup.

“Kami sengaja sowan kepada keluarga Kiai Ahmad Siddiq, untuk meminta restu dan ikhlasnya agar nama KH Ahmad Siddiq kita jadikan nama untuk UIN Jember,” kata Babun saat dikonfirmasi wartawan di Kampus IAIN Jember, Jumat (17/5).

Menurut Babun, pemilihan nama KH. Ahmad Siddiq sebagai nama UIN Jember, bukannya tanpa dasar. “Beliau adalah tokoh besar, dan kontribusinya sangat besar terhadap perjalanan bangsa ini, khususnya IAIN Jember,” tambahnya.

Babun menceritakan, perjalanan berdirinya IAIN Jember tidak lepas dari peran KH. Ahmad Siddiq bersama KH Dhofier Salam, Bupati Jember R Oetomo, dan sejumlah tokoh lainnya.

“Atas inisiatif beliau-beliau, yang menginginkan adanya kampus Islam di Jember, akhirnya lahirlah IAIN Jember ini. Katanya Presiden Soekarno, jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jas Merah),” ujarnya.

Banyak usulan yang masuk ke kampus, baik melalui pesan singkat maupun disampaikan secara langsung, agar jika IAIN Jember beralih status menjadi UIN Jember, maka sebaiknya menggunakan nama KH Ahmad Siddiq, sebagai tokoh nasional yang juga ikut mendirikan kampus ini.

“Jadi (pertimbangan ini), karena banyak yang masuk ke saya, agar menggunakan nama KH Ahmad Siddiq sebagai nama UIN Jember. Nah untuk itulah, saya sowan kepada keluarga untuk meminta ijin, agar nama beliau kami jadikan sebagai nama dari UIN Jember,” pungkasnya. (yud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO