Rabu, 21 Agustus 2019 04:22

Apresiasi KPU dan Bawaslu, Akademisi Imbau Masyarakat yang Tak Puas Hasil Pemilu Patuhi Konstitusi

Kamis, 16 Mei 2019 12:07 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Erri Sugianto
Apresiasi KPU dan Bawaslu, Akademisi Imbau Masyarakat yang Tak Puas Hasil Pemilu Patuhi Konstitusi

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dinamika politk yang terus memanas menjelang detik-detik rekapitulasi akhir KPU RI yang akan menentukan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih memantik perhatian akademisi dari Fakultas Hukum Universitas Madura (Unira), Sapto Wahyono, S.H, M.Hum, C.L.A.

Sebelumnya, ia mengapresiasi penyelenggara pemilu yang menurutnya sukses menggelar pesta demokrasi di tahun 2019 ini, khususnya di Kabupaten Pamekasan. 

"Sebagai warga negara, saya mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara pemilu yang telah menggelar hajatan politik 2019, meskipun tidak sedikit catatan yang perlu kita perbaiki bersama," ujarnya, Kamis (16/05/19).

Terkait kondisi politik di mana ada sejumlah pihak yang menyatakan tak puas dengan hasil pemilu karena ada indikasi kecurangan, Sapto berharap semuanya dikembalikan ke konstitusi. Ia mengajak masyarakat untuk mengembalikan seluruh persoalan tersebut sesuai regulasi yang ada.

"Negara kita adalah negara hukum. Untuk itu, mari kita hormati dan junjung bersama, termasuk seluruh tatanan dan tahapan pemilu dan hasilnya," ajak Sapto.

Ia menjelaskan bahwa, dalam Undang-Undang No 7 tahun 2017 tentang pemilu, sebagai produk politik hukum telah memberikan gambaran yang tegas terkait pemilu dan upaya hukum yang boleh dilakukan.

"Pemilu 2019 memang memberikan catatan hukum yang begitu panjang, namun semua harus diselesaikan pula melalui jalur hukum yang telah tersedia dengan baik," pungkasnya.

Sekadar informasi, pada tanggal 22 Mei 2019 yang akan datang KPU RI akan mengumumkan secara resmi pemenang hasil Pemilu 2019, baik dalam pemilihan legislatif maupun pemilihan Presiden dan Wakilnya. (err/rev)

(Sapto Wahyono)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...