Kamis, 25 Februari 2021 06:28

Tekan Laka Jelang Ramadhan, PT. KAI Tambah Rambu dan Sirene di Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu

Jumat, 03 Mei 2019 20:29 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Andy Fachrudin
Tekan Laka Jelang Ramadhan, PT. KAI Tambah Rambu dan Sirene di Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu
Heri Yitno bersama Nur Setiawan Sidik foto bareng usai secara simbolis membuka papan rambu petunjuk perlintasan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pihak PT. KAI (Kereta Api Indonesia) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya bekerja sama dengan Dishub Kabupaten Pasuruan, Satlantas Polres Pasuruan serta stakeholder yang ada menggelar launching "Gerakan Nasional Selamat di Perlintasan Kereta Api", Jumat pagi (3/5). Launching ini dilakukan di Kecamatan Rembang atau tepatnya pada lintasan kereta api tanpa palang pintu jalan raya Bangil-Sukorejo, masuk wilayah Desa Oro-Oro Ombo.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Nur Setiawan Sidik. Kepala Balai Teknik Perkerataapian wilayah Jawa Bagian Timur mewakili Humas Daops 8 Surabaya, kegiatan ini dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat, khususnya pada pengendara kendaraan yang melintas di perlintasan Kereta Api tanpa palang pintu.

"Gerakan Nasional Selamat di Perlintasan Kereta Api ini dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia, pada hari ini (Jumat,3/5)," ucapnya.

"Kemudian, dari pihak kami (PT. KAI) dan Dishub Pemkab Pasuruan akan menambahkan atau memasang tanda rambu di setiap perlintasan kereta api tanpa palang pintu dan sirine serta menempatkan petugas jaga perlintasan," tambahnya.

Pada tahun ini, pihak PT. KAI telah menerima usulan dari pihak Dishub dan Satlantas untuk memasang palang pintu perlintasan KA. Pemasangan palang pintu yang dimaksud yakni pada jalan raya yang volume kendaraannya semakim tinggi. Salah satu contoh di jalan raya Bangil-Sukorejo dan jalan masuk Yonkav Beji.

Namun, pemasangan palang pintu yang diusulkan tersebut akan terealisasikan pada tahun 2020 mendatang. "Sementara saat ini untuk menekan angka laka, kami tempatkan petugas terlebih dahulu," imbuhnya.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Dishub Pasuruan Heri Yitno mengatakan dari total perlintasan KA di Kabupaten Pasuruan sebanyak 72 titik, 35 di antaranya tidak berpalang pintu.

"Dari hasil rapat evaluasi antara kami pihak PT. KAI, Satlantas Polres Pasuruan, dan Polres Pasuruan Kota, kami mengapresiasi langkah pengamanan perlintasan KA yang dilakukan oleh PT. KAI, yakni menempatkan petugas jaga perlintasan tanpa palang pintu. Hal ini akan mengurangi tragedi kendaraan tertabrak KA," pungkas Heri Yitno.

Pada kesempatan tersebut, Heri Yitno bersama Nur Setiawan Sidik secara simbolis membuka papan rambu petunjuk perlintasan.

Turut hadir pada giat ini, beberapa pejabat dari PT. KAI Daops , Satlantas Polres Pasuruan, Kapolsek Rembang, Danramil Rembang, Camat Rembang, Kades Oro-Oro Ombo dan masyarakat setempat.(maf/par/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Rabu, 24 Februari 2021 07:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Wartawan kondang Dahlan Iskan luar biasa. Tulisanya sangat bernas. Bukan saja enak dibaca tapi juga penuh makna dan kaya warna.Baca saja tulisannya kali ini. Ia bercerita tentang listrik yang mati empat hari. Dampakn...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...