Senin, 22 Juli 2019 09:40

Tekan Laka Jelang Ramadhan, PT. KAI Tambah Rambu dan Sirene di Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu

Jumat, 03 Mei 2019 20:29 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Andy Fachrudin
Tekan Laka Jelang Ramadhan, PT. KAI Tambah Rambu dan Sirene di Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu
Heri Yitno bersama Nur Setiawan Sidik foto bareng usai secara simbolis membuka papan rambu petunjuk perlintasan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pihak PT. KAI (Kereta Api Indonesia) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya bekerja sama dengan Dishub Kabupaten Pasuruan, Satlantas Polres Pasuruan serta stakeholder yang ada menggelar launching "Gerakan Nasional Selamat di Perlintasan Kereta Api", Jumat pagi (3/5). Launching ini dilakukan di Kecamatan Rembang atau tepatnya pada lintasan kereta api tanpa palang pintu jalan raya Bangil-Sukorejo, masuk wilayah Desa Oro-Oro Ombo.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Nur Setiawan Sidik. Kepala Balai Teknik Perkerataapian wilayah Jawa Bagian Timur mewakili Humas Daops 8 Surabaya, kegiatan ini dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat, khususnya pada pengendara kendaraan yang melintas di perlintasan Kereta Api tanpa palang pintu.

"Gerakan Nasional Selamat di Perlintasan Kereta Api ini dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia, pada hari ini (Jumat,3/5)," ucapnya.

"Kemudian, dari pihak kami (PT. KAI) dan Dishub Pemkab Pasuruan akan menambahkan atau memasang tanda rambu di setiap perlintasan kereta api tanpa palang pintu dan sirine serta menempatkan petugas jaga perlintasan," tambahnya.

Pada tahun ini, pihak PT. KAI telah menerima usulan dari pihak Dishub dan Satlantas untuk memasang palang pintu perlintasan KA. Pemasangan palang pintu yang dimaksud yakni pada jalan raya yang volume kendaraannya semakim tinggi. Salah satu contoh di jalan raya Bangil-Sukorejo dan jalan masuk Yonkav Beji.

Namun, pemasangan palang pintu yang diusulkan tersebut akan terealisasikan pada tahun 2020 mendatang. "Sementara saat ini untuk menekan angka laka, kami tempatkan petugas terlebih dahulu," imbuhnya.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Dishub Pasuruan Heri Yitno mengatakan dari total perlintasan KA di Kabupaten Pasuruan sebanyak 72 titik, 35 di antaranya tidak berpalang pintu.

"Dari hasil rapat evaluasi antara kami pihak PT. KAI, Satlantas Polres Pasuruan, dan Polres Pasuruan Kota, kami mengapresiasi langkah pengamanan perlintasan KA yang dilakukan oleh PT. KAI, yakni menempatkan petugas jaga perlintasan tanpa palang pintu. Hal ini akan mengurangi tragedi kendaraan tertabrak KA," pungkas Heri Yitno.

Pada kesempatan tersebut, Heri Yitno bersama Nur Setiawan Sidik secara simbolis membuka papan rambu petunjuk perlintasan.

Turut hadir pada giat ini, beberapa pejabat dari PT. KAI Daops , Satlantas Polres Pasuruan, Kapolsek Rembang, Danramil Rembang, Camat Rembang, Kades Oro-Oro Ombo dan masyarakat setempat.(maf/par/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...