Pantau Rekapitulasi, PPIP Sidoarjo Kawal Hasil Pemilu 2019 Hingga Rampung

Pantau Rekapitulasi, PPIP Sidoarjo Kawal Hasil Pemilu 2019 Hingga Rampung Koordinator PPIP Sidoarjo, Haidar Wahyu. foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemantu Pemilu Independent PMII (PPIP) Kabupaten Sidoarjo masih mengerahkan relawan meski pemungutan suara Pemilu 2019 alias coblosan, sudah selesai. Kini PPIP Sidoarjo memantau proses rekapitulasi suara yang dilakukan berjenjang mulai dari Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, hingga Pusat.

PPIP Sidoarjo berharap tahapan rekapitulasi ini tidak terjadi adanya jual beli suara. PPIP Sidoarjo meminta para saksi intensif mengawal Plano, C1 hingga hasil salinan C1 sampai tingkat penghitungan kecamatan, DA A1. “Kami berharap saksi dari semua parpol jeli mengawal perolehan suaranya,” cetus Koordinator PPIP Sidoarjo, Haidar Wahyu, Minggu (28/4).

Kata Haidar, saat ini pihaknya menemukan berkas rekapan yang ada coretan untuk caleg DPR RI. Pihaknya belum mendapatkan kepastian, apakah itu hanya ada kesalahan penulisan ataukah faktor kesengajaan. “Jika ini diduga unsur kesengajaan, maka ini sangat mencederai proses demokrasi,” tandasnya.

Karena, itu, sambung Haidar, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap rekapitulasi sampai caleg memperoleh kursi, baik tingkat DPRD Kabupaten, Provinsi, maupun Pusat. “Kami akan terus memantau proses rekapitulasi ini menjelang caleg yang berhak dapat kursi,” bebernya.

Haidar menegaskan, relawan PPIP Sidoarjo yang jumlahnya ratusan, telah menyebar ke semua Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Sidoarjo untuk memantau proses rekapitulasi suara, secara seksama.

Dia menyatakan, sejumlah Caleg pasca coblosan harap-harap cemas. Meski rekapitulasi belum dilakukan di tingkat kabupaten, namun berdasarkan rekapitulasi tingkat kecamatan ini, sudah tampak nama caleg yang bakal melenggang ke gedung DPRD Sidoarjo.

Di setiap Dapil, diprediksi muncul wajah baru. Haidar mencontohkan, misalnya di Dapil Sidoarjo 1 (Sedati, Buduran, Kota Sidoarjo) yang menyediakan 10 kursi. Di Dapil Sidoarjo 1 ini, PKB diprediksi mendapatkan tiga kursi. Dua di antaranya bakal diduduki wajah baru, yakni Subandi dan Iswahyudi. Satu kursi PKB, tetap diduduki caleg petahana, H Usman.

Wajah baru lainnya, yakni Arief Bachtiar (Partai Golkar) dan Mochammad Sochib (NasDem). Di Dapil Sidoarjo 1 ini, Partai Gerindra, Demokrat dan PKS, diprediksi masing-masing mendapatkan satu kursi. Sedangkan PDIP, diprediksi dapat dua kursi, dan diduduki caleg petahana, Wijono dan Choirul Hidayat. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO