Coblosan Ulang TPS 09 Kloposepuluh, PKB dan Gerindra Raup Suara Terbanyak

Coblosan Ulang TPS 09 Kloposepuluh, PKB dan Gerindra Raup Suara Terbanyak LANCAR: Seorang warga mencelupkan jarinya ke tinta dalam PSU di TPS 09 Desa Kloposepuluh Kecamatan Sukodono, Sabtu (27/4). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - KPU Sidoarjo menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) alias coblosan ulang di TPS 09 Desa Kloposepuluh Kecamatan Sukodono, Sabtu (27/4). Hasilnya PKB memperoleh suara terbanyak, yakni 73 suara.

Pemungutan berlangsung mulai pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB. Total 163 pemilih yang menggunakan hak pilihnya dari 263 DPT. Dari jumlah 163 pemilih yang menggunakan haknya, 161 suara sah dan 2 suara tidak sah.

Hasil penghitungan, untuk PKB suara partai memperoleh 73 suara, terinci 4 suara partai, lalu Caleg nomor urut 1 Sullamul Hadi Nurmawan meraup 67 suara dan Caleg nomor urut 5 Anisa Nur Hidayati mendapat 2 suara.

Urutan kedua suara partai, diduduki Partai Gerindra yang meraup 30 suara. Rinciannya, suara partai 0, Caleg nomor urut 1 M Rifai meraup 29 suara dan caleg nomor urut 6 mendapat 1 suara.

Kemudian disusul PKS 18 (suara partai dan caleg), PDIP dan Nasdem masing-masing 10, Sementara PSI, Perindo, Partai Berkarya, PBB, PKPI, dan PPP tidak mendapat suara.

Proses pemungutan berjalan lancar. “Alhamdulillah sekitar 70 persen pemilih hadir,” cetus Ketua KPPS TPS 09 Kloposepuluh, Eko Setiyono. PSU ini digelar berdasarkan rekomendasi Bawaslu Sidoarjo.

Itu setelah beredar video amatir yang berisi salah satu saksi yang diduga melakukan perusakan surat suara. Setelah ditelusuri, ternyata ada sejumlah surat suara dinyatakan rusak karena ada coblosan dua kali.

Surat suara yang rusak ini surat suara untuk DPRD Kabupaten. “Makanya PSU digelar khusus untuk tingkat DPRD Kabupaten,” cetus Komisioner KPU Sidoarjo Nanang Haromain yang memantau coblosan ulang di TPS 09 Desa Kloposepuluh ini.

Coblosan ulang di TPS 09 Desa Kloposepuluh ini menjadi perhatian sejumlah pihak. Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho ikut memantau langsung. Dia datang ke lokasi TPS jelang coblosan berakhir. Zain tiba di lokasi bersama Ketua Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi.

Aang memantau didampingi Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Munjid, dan dua komisioner, Jamil dan M Rosul. “Alhamdulillah kondisinya aman terkendali. Dan kegiatan berjalan lancar,” cetus Kombes Pol Zain Dwi Nugroho. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO