SMKN 6 Malang Juara Internasional, Ciptakan Dinding Botol Plastik

SMKN 6 Malang Juara Internasional, Ciptakan Dinding Botol Plastik Renaldi S beserta rekannya saat berada di ajang internasional IFINOG 2019. foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Tim Inovator SMKN 6 Malang mewakili Jawa Timur dan negara Indonesia berhasil menjuarai Festival Innovation on Green Technology (IFINOG) 2019 yang digelar selama tiga hari, 19-21 April 2019, di University Pahang Malaysia.

Dalam ajang itu, SMKN 6 mempersembahan inovasi berupa pembangunan dinding rumah atau gedung berbahan botol plastik. Tim membawa contoh dinding berukuran 3 meter persegi yang terbuat dari 800 botol plastik yang sudah diisi butiran sampah plastik.

"Dinding itu diperkuat dengan lem rajawali dan kawat bendrat," kata Ketua Tim Inovator SMKN 6 Malang, Wigonggo Among Anggono M.Pd, Rabu (24/04).

Ditanya kenapa botol plastik dan sampah plastik yang digunakan, Wigonggo menjelaskan tujuan utamanya adalah untuk mengurangi pencemaran lingkungan. "Plastik sendiri memilki kelebihan sebagai isolator (tahan api). Kekuatan plastik secara tidak langsung di sungai bertahan hingga puluhan tahun," terang Wigonggo.

Dalam kesempatan itu, Wigonggo menceritakan bahwa karyanya hanya bermodalkan Rp 3 juta. Selebihnya, merupakan hasil inovasi dan kreasi. "Melalui karya ini, kita sudah mengharumkan nama Indonesia dan pendidikan Jawa Timur, khususnya SMKN 6 Malang sendiri. Siswa semakin termotivasi lebih berkreasi dan berinovasi lagi," imbuhnya.

Sementara Renaldi Susilo, salah satu anggota Tim Inovator siswa SMKN 6 mengaku sangat bangga akan keberhasilan ini. "Selanjutnya akan saya kembangkan lebih tajam lagi melalui riset-riset lainnya," ujar pelajar kelas XI itu.

"Kejuaraan di luar negeri secara tidak langsung membentuk karakteristik tersendiri bagi pribadi saya dan teman tim lainnya," tambahnya. (iwa/thu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO