Cegah Bullying di Sekolah, PGRI Kabupaten Malang Gelar Seminar

Cegah Bullying di Sekolah, PGRI Kabupaten Malang Gelar Seminar Para narasumber yang menjadi pembicara dalam seminar yang mengusung tema "Peran Pendidik Dalam Mencegah Bullying di Sekolah".

MALANG, BANGSAONLINE.com - Seminar mengusung tema "Peran Pendidik Dalam Mencegah Bullying di Sekolah" dilaksanakan di Gedung , Kecamatan Pakisaji, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional 2023 tersebut bertujuan mengantisipasi tindakan bullying di lingkungan dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Malang.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Malang H. Didik Gatot Subroto. Dalam sambutannya, Wabup Didik menyampaikan Pemerintah Kabupaten Malang menyadari bahwa penyelenggaraan sekolah di era modern mengalami perkembangan dan berbagai tantangan. Salah satu tantangannya adalah kekerasan atau perundungan (bullying) di lungkungan sekolah.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa fenomena ini sangat berpengaruh dan sangat mengganggu jalannya proses pembelajaran, serta menghambat perkembangan para siswa yang menjadi korban bullying," ujar Didik.

Oleh karena itu, perlu ada upaya terintegrasi dari berbagai pihak untuk mengatasi kasus bullying yang terjadi di sekolah. Selain terus membimbing, menasihati, dan mengarahkan siswa pada hal-hal positif yang bermanfaat untuk kehidupannya di masa depan.

Ia memandang perlunya formula terencana bagi lembaga pendidikan untuk mencegah dan menangani perilaku bullying di lingkungan sekolah sejak dini.

"Poin pentingnya adalah bagaimana para guru maupun tenaga pendidik di sekolah, dapat berperan aktif untuk melihat perkembangan siswa-siswinya. Termasuk dengan menjalin komunikasi yang intens dengan orang tua atau wali murid, agar indikasi perilaku bullying dapat segera terdeteksi sehingga tidak berlarut-larut dan tidak menimbulkan trauma berlebih bagi para korban bullying," ucap Wabup Didik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO