ODGJ di Kota Blitar Ini Antusias Gunakan Hak Pilih di TPS 08 Kelurahan Tanggung

ODGJ di Kota Blitar Ini Antusias Gunakan Hak Pilih di TPS 08 Kelurahan Tanggung Wahyudi menunjukan jari bertinta usai menggunakan hak pilih. foto: Akina Nur Alana/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wahyudi (44) terlihat sangat antusias menggunakan hak pilihnya di TPS 08 Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Wahyudi datang didampingi ayahnya Sutaji.

Meski berstatus sebagai ODGJ, Wahyudi nampak lancar mengikuti tahapan demi tahapan. Mulai dari mencoblos, memasukan surat suara ke kotak suara, hingga menyelupkan jari ke tinta.

"Ini mengantarkan anak saya yang sakit, tapi kondisinya sudah baik," ungkap Sutaji ayah Wahyudi.

Menurut Sutaji, Wahyudi mengalami gangguan jiwa sejak 20 tahun lalu. Namun selama lima tahun terakhir kondisinya membaik dan sudah dilepaskan dari pasungan. "Tidak ada kesulitan sebelumnya, kan juga sudah diberi sosialisasi, tapi memang harus sedikit dibimbing dan diantar (ke TPS)," jelasnya.

Sementara petugas TKSK Kecamatan Kepanjen Kidul Hartutik mengatakan, Wahyudi merupakan satu dari 38 ODGJ di Kecamatan Kepanjen Kidul yang ikut menyalurkan hak pilih. Meski berstatus sebagai ODGJ, namun kondisi Wahyudi dinyatakan sudah cukup stabil.

"Kondisinya sebenarnya stabil. Sebelum pemilu ini juga selalu ikut sosialisasi. ODGJ yang ikut menyalurkan hak pilihnya ini memang yang sudah tenang dan bisa diajak komunikasi," ungkap Hartutik. (ina/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO