Sabtu, 20 Juli 2019 23:52

Ratusan Pemantau Independen PPIP Siap Awasi Proses Pemilu di Sidoarjo

Senin, 15 April 2019 17:10 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Ratusan Pemantau Independen PPIP Siap Awasi Proses Pemilu di Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan coblosan Pemilu 2019 tinggal menghitung hari. Di Kabupaten Sidoarjo tercatat lembaga pemantau independen atau non-pemerintah yang siap mengawal jalannya proses pesta demokrasi tersebut.

Sekitar 350 Anggota Pemantau Pemilu Independent PMII (PPIP) mengikuti Giat Bimtek pembekalan terhadap pemantau Pemilu dan Deklarasi Gerakan Pantau dan Laporkan Politik Uang yang diselenggarakan di Gedung Tenis Indoor Sidoarjo, Minggu (14/4).

Partisipasi lembaga pemantau pemilu disambut gembira Bawaslu Sidoarjo, termasuk Pemantau Pemilu Independent PMII (PPIP) yang diketuai oleh Haidar Wahyu. Menurut Haidar, pemantauan dan pengawasan pemilu tak hanya menjadi tugas Bawaslu, tapi juga masyarakat. 

Kendati demikian, Haidar meminta lembaga pemantau itu harus bersikap profesional, netral, independen, dan bekerja untuk kepentingan masyarakat. Haidar juga meminta agar lembaga pemantau berkomitmen mengawasi setiap Tahapan Pemilu terkhusus memaksimalkan pemantauan pada proses Pungut dan Penghitungan Suara serta Money Politik.

"Kami bahkan sudah mulai bekerja sejak masa kampanye beberapa waktu lalu dan memantau dan menginventarisir adanya dugaan politik uang pelanggaran pemilu," terangnya.

Lembaga pemantau pemilu yang ingin mengawasi pelaksanaan pemilu wajib memenuhi berbagai syarat, seperti berbadan hukum, memiliki sumber pendanaan yang jelas, profil organisasi dan penanggungjawab, mengantongi surat pengesahan dari pemerintah, dan harus independen serta netral.

Turut Hadir Nanang Haromin, S.Sos, Divisi Hukum KPUD Sidoarjo, dan Haidar Munjid Ketua Bawaslu Sidoarjo yang juga mantan aktivis Ketua Cabang PMII Sidoarjo. Ia menjadi Narasumber dalam kegiatan tersebut untuk mengisi pengetahuan pemantauan anggota Pemantau PPIP.

Adapun Deklarasi yang menjadi Komitment Ratusan pemantau PPIP Yang hadir saat itu adalah :

DEKLARASI GERAKAN PANTAU & LAPORKAN POLITIK UANG

1. Kami Pemantau Pemilu PPIP Berkomitment siap melakukan Pengawasan Partisipatif Demi terwujudnya Pemilu yang Demokratis.

2. Kami Pemantau Pemilu PPIP Berkomitment siap melawanPraktek Politik Uang dalam Pemilihan umum 2019.

3. Kami Pemantau Pemilu PPIP Berkomitment siap Mendukung KPU dalam mensukseskan Pemilu dan Siap Mendukung Bawaslu dalam Penegakkan Hukum Pemilu.

4. Kami Pemantau Pemilu PPIP Berkomitment siap memantau Netralitas Penyelenggara dalam melaksanakan Tugas sesuai dengan Undang-undang yang telah ditentukan. (cat/ian) 

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...