Rabu, 24 April 2019 05:43

Ratusan Pemantau Independen PPIP Siap Awasi Proses Pemilu di Sidoarjo

Senin, 15 April 2019 17:10 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Ratusan Pemantau Independen PPIP Siap Awasi Proses Pemilu di Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan coblosan Pemilu 2019 tinggal menghitung hari. Di Kabupaten Sidoarjo tercatat lembaga pemantau independen atau non-pemerintah yang siap mengawal jalannya proses pesta demokrasi tersebut.

Sekitar 350 Anggota Pemantau Pemilu Independent PMII (PPIP) mengikuti Giat Bimtek pembekalan terhadap pemantau Pemilu dan Deklarasi Gerakan Pantau dan Laporkan Politik Uang yang diselenggarakan di Gedung Tenis Indoor Sidoarjo, Minggu (14/4).

Partisipasi lembaga pemantau pemilu disambut gembira Bawaslu Sidoarjo, termasuk Pemantau Pemilu Independent PMII (PPIP) yang diketuai oleh Haidar Wahyu. Menurut Haidar, pemantauan dan pengawasan pemilu tak hanya menjadi tugas Bawaslu, tapi juga masyarakat. 

Kendati demikian, Haidar meminta lembaga pemantau itu harus bersikap profesional, netral, independen, dan bekerja untuk kepentingan masyarakat. Haidar juga meminta agar lembaga pemantau berkomitmen mengawasi setiap Tahapan Pemilu terkhusus memaksimalkan pemantauan pada proses Pungut dan Penghitungan Suara serta Money Politik.

"Kami bahkan sudah mulai bekerja sejak masa kampanye beberapa waktu lalu dan memantau dan menginventarisir adanya dugaan politik uang pelanggaran pemilu," terangnya.

Lembaga pemantau pemilu yang ingin mengawasi pelaksanaan pemilu wajib memenuhi berbagai syarat, seperti berbadan hukum, memiliki sumber pendanaan yang jelas, profil organisasi dan penanggungjawab, mengantongi surat pengesahan dari pemerintah, dan harus independen serta netral.

Turut Hadir Nanang Haromin, S.Sos, Divisi Hukum KPUD Sidoarjo, dan Haidar Munjid Ketua Bawaslu Sidoarjo yang juga mantan aktivis Ketua Cabang PMII Sidoarjo. Ia menjadi Narasumber dalam kegiatan tersebut untuk mengisi pengetahuan pemantauan anggota Pemantau PPIP.

Adapun Deklarasi yang menjadi Komitment Ratusan pemantau PPIP Yang hadir saat itu adalah :

DEKLARASI GERAKAN PANTAU & LAPORKAN POLITIK UANG

1. Kami Pemantau Pemilu PPIP Berkomitment siap melakukan Pengawasan Partisipatif Demi terwujudnya Pemilu yang Demokratis.

2. Kami Pemantau Pemilu PPIP Berkomitment siap melawanPraktek Politik Uang dalam Pemilihan umum 2019.

3. Kami Pemantau Pemilu PPIP Berkomitment siap Mendukung KPU dalam mensukseskan Pemilu dan Siap Mendukung Bawaslu dalam Penegakkan Hukum Pemilu.

4. Kami Pemantau Pemilu PPIP Berkomitment siap memantau Netralitas Penyelenggara dalam melaksanakan Tugas sesuai dengan Undang-undang yang telah ditentukan. (cat/ian) 

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Izza Kustiarti
Senin, 22 April 2019 17:12 WIB
Oleh: Izza Kustiarti*Pemilu serentak 2019 merupakan pemilu perdana yang menyertakan antara pemilihan legislatif dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Penyelenggaraan pemilu serentak merupakan titah dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nom...
Senin, 22 April 2019 00:24 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Se...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...