Mulai Sabtu Besok Tiket Kereta Lokal Gratis

Mulai Sabtu Besok Tiket Kereta Lokal Gratis

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-21 Kementerian BUMN, serta mendorong masyarakat untuk beralih ke modal transportasi umum kereta api (KA), mulai besok, Sabtu (13/4), PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengratiskan tiket KA lokal dengan tarif 0 rupiah.

Masyarakat bisa mendapatkan tiket kereta api lokal gratis tersebut pada hari H, maksimal 1 orang satu tiket, kecuali membawa anak usia di bawah sepuluh tahun dan lansia.

"Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api," kata Vice President , Joko Widagdo, Jumat (12/4) pagi.

Untuk masyarakat yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, lanjut Joko, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 (tiga) hari sejak kedatangan KA.

"Untuk KA lokal di Daop 9 , yaitu KA Pandanwangi yang dalam sehari berjumlah 4 kali perjalanan, terdiri dari 2 kali berangkat dari Stasiun pada jam 05.15 dan 15.30 WIB, kemudian berangkat dari Stasiun Banyuwangi baru pada jam 10.00 dan 20.30 WIB,”ujar dia.

Rangkaian KA Pandanwangi terdiri dari 6 kereta kelas ekonomi dengan total berjumlah 636 tempat duduk.

"Sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk KA lokal kapasitas angkut adalah 150% dari jumlah tempat duduk," katanya.

Khusus kepada penumpang KA Pandanwangi keberangkatan Stasiun pada jam 15.30, lanjutnya, disamping tiket gratis, penumpang juga akan diberikan makanan khas jember berupa suwar-suwir dan prol tape sebanyak 600 paket secara gratis dan akan dibagikan di stasiun setelah penumpang tersebut melaksanakan proses boarding. (jbr1/yud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO