Selasa, 20 Oktober 2020 18:22

Gubernur Apresiasi Peresmian Tol Ruas Pasuruan-Probolinggo

Rabu, 10 April 2019 14:36 WIB
Editor: .
Wartawan: M Didi Rosadi
Gubernur Apresiasi Peresmian Tol Ruas Pasuruan-Probolinggo
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Pasuruan-Probolinggo. foto: ist

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sangat mengapresiasi diresmikannya jalan tol ruas Pasuruan - Probolinggo seksi I-III yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo. Pasalnya, diresmikannya jalan bebas hambatan sepanjang 31,3 Km tersebut akan semakin mengurangi kepadatan jalan nasional 50-60 persen.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan Peresmian Jalan Tol Ruas Pasuruan-Probolinggo Seksi I-III yang terletak di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Desa Sumber Kedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Rabu (10/4).

Lebih lanjut, gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengatakan, dengan diresmikannya ruas jalan tol Pasuruan-Probolinggo Seksi I-III tersebut masih membutuhkan tambahan sekitar 13,7 Km lagi untuk melanjutkan Jalan Tol dari Probolinggo Timur sampai Gending.

"Jika beroperasi, maka ini sangat membantu Kawasan Bromo Tengger Semeru yang sudah dimasukkan dalam kawasan strategis pariwisata nasional," ujarnya.

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Jatim itu menambahkan, Kabupaten Probolinggo terdapat Pelabuhan Tanjung Tembaga. Di mana pelabuhan tersebut akan membantu proses bongkar muat dari Probolinggo, Situbondo, Lumajang, hingga Pasuruan.

“Dan jika tol ini beroperasi disertai dengan Jalan Tol Pandaan-Pakis siap beroperasi akan membuka peluang bongkar muat dari Malang. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Jatim akan mengalami percepatan yang luar biasa,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo mengatakan, dari Cawang-Probolinggo sudah tembus jalan tol sepanjang 840 Km. Kalau dimulai dari ujung barat Pulau Jawa atau Merak sampai Probolinggo, sudah tembus sepanjang 962 Km.

“Kalau nanti dari Merak sampai Banyuwangi 1.148 Km. Berarti kurang 186 Km. Insyaallah tembusnya tahun 2021,” jelasnya.

Presiden RI berharap, dengan tembusnya jalan tol tersebut akan terjadi mobilitas orang, barang dan logistik yang lebih cepat. Dan juga diharapkan kawasan industri kecil dan mikro yang ada di daerah bisa cepat berkembang karena akses ke logistik, barang dan produk lebih mudah, murah dan efisien. Termasuk akses ke tempat pariwisata.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) RI, panjang total jalan tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 45 Km dan 31,3 kilometernya berkondisi siap operasi. Dari panjang tersebut terdapat simpang susun 4 buah, dan biaya investasi mencapai Rp. 4,80 triliun.

Pembangunan jalan tol yang dimulai 25 Juni 2007 itu ditandai dengan penandatanganan PPJT. Dengan masa konsesi sekitar 45 tahun.

Adapun rincian jalan tol yang siap operasi pada seksi I Grati-Tonggas mencapai 13,5 Km, seksi II Tonggas-Probolinggo Barat (6,9 Km), dan seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur (10,9 Km).

Sedangkan yang masih dalam tahap proses evaluasi rencana usaha pada seksi IV Probolinggo Timur-Gending mencapai 13,7 Km dengan target operasi 2024. (mdr)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...