Gubernur Apresiasi Peresmian Tol Ruas Pasuruan-Probolinggo

Gubernur Apresiasi Peresmian Tol Ruas Pasuruan-Probolinggo Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Pasuruan-Probolinggo. foto: ist

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sangat mengapresiasi diresmikannya jalan tol ruas Pasuruan - Probolinggo seksi I-III yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo. Pasalnya, diresmikannya jalan bebas hambatan sepanjang 31,3 Km tersebut akan semakin mengurangi kepadatan jalan nasional 50-60 persen.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan Peresmian Jalan Tol Ruas Pasuruan-Probolinggo Seksi I-III yang terletak di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Desa Sumber Kedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Rabu (10/4).

Lebih lanjut, gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengatakan, dengan diresmikannya ruas jalan tol Pasuruan-Probolinggo Seksi I-III tersebut masih membutuhkan tambahan sekitar 13,7 Km lagi untuk melanjutkan Jalan Tol dari Probolinggo Timur sampai Gending.

"Jika beroperasi, maka ini sangat membantu Kawasan Bromo Tengger Semeru yang sudah dimasukkan dalam kawasan strategis pariwisata nasional," ujarnya.

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Jatim itu menambahkan, Kabupaten Probolinggo terdapat Pelabuhan Tanjung Tembaga. Di mana pelabuhan tersebut akan membantu proses bongkar muat dari Probolinggo, Situbondo, Lumajang, hingga Pasuruan.

“Dan jika tol ini beroperasi disertai dengan Jalan Tol Pandaan-Pakis siap beroperasi akan membuka peluang bongkar muat dari Malang. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Jatim akan mengalami percepatan yang luar biasa,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo mengatakan, dari Cawang-Probolinggo sudah tembus jalan tol sepanjang 840 Km. Kalau dimulai dari ujung barat Pulau Jawa atau Merak sampai Probolinggo, sudah tembus sepanjang 962 Km.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO