Johan Budi Inginkan Ada LSM Pemantau Korupsi di Pacitan

Johan Budi Inginkan Ada LSM Pemantau Korupsi di Pacitan Johan Budi (kanan) saat berada di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Staf Khusus Kepresidenan Sapto Pribowo mengajak masyarakat untuk peduli terhadap pencegahan dan penindakan praktik rasuah.

"Bagaimana di ini ada lembaga NGO yang memiliki bidang tugas mengawasi dan melakukan pencegahan terhadap praktik korupsi," ujarnya saat melakukan sosialisasi mantap pemenangan Jokowi sebagai Presiden, Minggu (7/4) kemarin.

Selama dirinya menjadi jubir di lembaga anti rasuah, diakuinya banyak sekali laporan-laporan yang masuk ke KPK. Bahkan jumlahnya mencapai puluhan ribu laporan. "Namun karena keterbatasan personil, sehingga dalam setahun paling hanya sekitar 30 laporan yang ditindak lanjuti," jelas dia.

Johan mengajak masyarakat yang mengendus adanya dugaan praktik-praktik korupsi, untuk segera menyampaikan laporan ke KPK. "KPK tidak mengecualikan daerah manapun. Seandainya memang ada laporan, pasti akan ditindaklanjuti," bebernya.

Oleh sebab itu, mantan jurnalis senior ini menilai perlunya keberadaan sebuah LSM yang benar-benar independen dan memiliki kompetensi dalam pengawasan praktik-praktik rasuah. "Dengan begitu, setidaknya praktik haram tersebut bisa dicegah dan diminimalisir," tukasnya. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO