Gelar Mudik Gratis, PT KAI Daop 9 Jember Siapkan 4.240 Tiket

Gelar Mudik Gratis, PT KAI Daop 9 Jember Siapkan 4.240 Tiket

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat khususnya yang akan mudik di Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, PT Kereta Api Indonesia (KAI ) mempunyai program mudik dan pulang gratis. Demi kelancaran program tersebut, PT KAI akan mengajak kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Untuk program ini, PT KAI wilayah Daop 9 Jember telah menyediakan sebanyak 4.240 tiket gratis mudik menggunakan kereta api (KA). Sedangkan kereta angkutan yang disediakan oleh PT KAI terdiri dari KA Probowangi relasi Banyuwangi – Surabaya Gubeng dan KA Tawangalun relasi Banyuwangi - Malang untuk perjalanan tanggal 7-10 Juni 2019.

"Untuk masyarakat yang berada di wilayah Daop 9, selama 4 hari bisa menikmati angkutan kereta api gratis, untuk mudik dan balik," kata Vice President Jember, Joko Widagdo, Senin (1/4).

Untuk 4.240 tempat duduk tersebut, lanjut Joko, terdiri dari 2.120 tempat duduk KA Probowangi dan 2.120 tempat duduk KA Tawangalun. "Jumlah tempat duduk Lebaran tahun 2019 ini meningkat dibanding lebaran tahun 2018, yang berjumlah 3.000 tempat duduk," jelasnya.

Joko juga menyampaikan, untuk mendapatkan tiket angkutan mudik dan balik gratis masyarakat yang menggunakan kereta api, masyarakat bisa memesan di stasiun online terdekat dengan syarat tertentu. 

"Untuk pemesanan tiket mudik dan balik gratis 2019 bisa dilakukan mulai 1 April 2019. Kedua, pemesan wajib menyertakan foto kopi KTP atau Kartu Keluarga, atau KTM dan Kartu Pelajar, serta mengisi formulir pemesanan yang telah disediakan," jelasnya.

Di samping itu, Joko mengatakan, untuk satu pemesan maksimal 4 tiket. "Tiket tidak bisa dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain. Kemudian pemesanan tiket mudik dan balik gratis naik KA hanya bisa dilayani di loket stasiun–stasiun yang dilewati oleh perjalanan KA mudik dan balik gratis tersebut mulai pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB," terangnya.

Joko juga menambahkan, tiket KA balik gratis tidak bisa dipesan melalui aplikasi KAI Acces, online ataupun channel eksternal lainnya. (yud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO