Jumat, 15 November 2019 12:09

Jembatan Sembayat II Manyar Mulai Dibuka untuk Umum

Senin, 01 April 2019 20:51 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Jembatan Sembayat II Manyar Mulai Dibuka untuk Umum
Anton Sukartono Suratto secara simbolis membuka Jembatan Sembayat II Manyar agar bisa dilintasi kendaraan. foto: SYUHUD A/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Jembatan Sembayat II Manyar resmi dibuka untuk umum, Senin (1/4). Komisi V DPR RI bersama perwakilan dari Kementerian PUTR menyaksikan pembukaan tersebut.

Road barrier yang biasanya berjejer dengan tong di pintu masuk jembatan agar tidak dilalui warga sudah tidak terlihat lagi.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Anton Sukartono Suratto bersama perwakilan dari Kementerian PU secara simbolis membuka jembatan baru tersebut ditandai dengan pengangkatan bendera sekitar pukul 15.23 WIB.

Dump Truk putih bernopol W 9812 UG menjadi kendaraan pertama yang melintas setelah difungsikannya jembatan sepanjang 354 meter itu.

Anton Sukartono Suratto mengungkapkan, pembukaan jembatan tersebut sebagaimana aspirasi masyarakat. Pasalnya, banyak yang warga yang mengeluhkan tak kunjung dibukanya jembatan tersebut, meski pembangunan telah selesai.

"Sekarang jembatan sudah sesuai dengan keinginan masyarakat. Pembangunan sudah lama selesai kok tidak juga diresmikan," paparnya.

Dijelaskan Anton, jembatan Sembayat yang dibangun pada tahun 2015 tidak serta merta menghentikan proses yang saat ini sedang berlangsung di Kementerian PU. "Proses silakan dilanjutkan, tetapi jembatan harus difungsikan," terangnya.

Meski secara simbolis jembatan yang menelan biaya Rp 173 miliar itu dibuka, namun politikus dari Partai Demokrat itu enggan disebut meresmikan. "Kedatangan kami tidak meresmikan, nanti yang meresmikan bapak presiden. Yang penting sekarang dibuka dulu," jelasnya.

Ia berharap Jembatan Sembayat itu bisa mengurangi kemacetan. Sebab, kini kendaraan yang didominasi truk besar tak perlu melintasi Jembatan Sembayat lama dengan dua arah. "Hal ini keinginan masyarakat di sini," katanya.

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ruas Jalan Surabaya-Gresik-Sadang BBPJN VIII Jatim Merlan Effendi menjelaskan alasan tak dibukanya jembatan, meski pembangunan telah selesai. Menurutnya, proyek jembatan Sembayat II tersebut masih membutuhkan sejumlah SOP yang harus dilalui, sehingga memerlukan waktu. 

Ia menyatakan, ada tahapan yang harus dilalui sebelum Jembatan Sembayat diresmikan meskipun secara fisik bangunan telah rampung. " Saat ini masih dalam proses pleno Komisi Keselamatan Jalan dan Jembatan," katanya.

Pihaknya tidak mempermasalahkan dibukanya Jembatan Sembayat untuk umum karena memang jembatan ini sudah layak untuk dilalui. (hud/ian)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...