Selasa, 31 Maret 2020 08:53

Jembatan Sembayat II Manyar Mulai Dibuka untuk Umum

Senin, 01 April 2019 20:51 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Jembatan Sembayat II Manyar Mulai Dibuka untuk Umum
Anton Sukartono Suratto secara simbolis membuka Jembatan Sembayat II Manyar agar bisa dilintasi kendaraan. foto: SYUHUD A/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Jembatan Sembayat II Manyar resmi dibuka untuk umum, Senin (1/4). Komisi V DPR RI bersama perwakilan dari Kementerian PUTR menyaksikan pembukaan tersebut.

Road barrier yang biasanya berjejer dengan tong di pintu masuk jembatan agar tidak dilalui warga sudah tidak terlihat lagi.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Anton Sukartono Suratto bersama perwakilan dari Kementerian PU secara simbolis membuka jembatan baru tersebut ditandai dengan pengangkatan bendera sekitar pukul 15.23 WIB.

Dump Truk putih bernopol W 9812 UG menjadi kendaraan pertama yang melintas setelah difungsikannya jembatan sepanjang 354 meter itu.

Anton Sukartono Suratto mengungkapkan, pembukaan jembatan tersebut sebagaimana aspirasi masyarakat. Pasalnya, banyak yang warga yang mengeluhkan tak kunjung dibukanya jembatan tersebut, meski pembangunan telah selesai.

"Sekarang jembatan sudah sesuai dengan keinginan masyarakat. Pembangunan sudah lama selesai kok tidak juga diresmikan," paparnya.

Dijelaskan Anton, jembatan Sembayat yang dibangun pada tahun 2015 tidak serta merta menghentikan proses yang saat ini sedang berlangsung di Kementerian PU. "Proses silakan dilanjutkan, tetapi jembatan harus difungsikan," terangnya.

Meski secara simbolis jembatan yang menelan biaya Rp 173 miliar itu dibuka, namun politikus dari Partai Demokrat itu enggan disebut meresmikan. "Kedatangan kami tidak meresmikan, nanti yang meresmikan bapak presiden. Yang penting sekarang dibuka dulu," jelasnya.

Ia berharap Jembatan Sembayat itu bisa mengurangi kemacetan. Sebab, kini kendaraan yang didominasi truk besar tak perlu melintasi Jembatan Sembayat lama dengan dua arah. "Hal ini keinginan masyarakat di sini," katanya.

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ruas Jalan Surabaya-Gresik-Sadang BBPJN VIII Jatim Merlan Effendi menjelaskan alasan tak dibukanya jembatan, meski pembangunan telah selesai. Menurutnya, proyek jembatan Sembayat II tersebut masih membutuhkan sejumlah SOP yang harus dilalui, sehingga memerlukan waktu. 

Ia menyatakan, ada tahapan yang harus dilalui sebelum Jembatan Sembayat diresmikan meskipun secara fisik bangunan telah rampung. " Saat ini masih dalam proses pleno Komisi Keselamatan Jalan dan Jembatan," katanya.

Pihaknya tidak mempermasalahkan dibukanya Jembatan Sembayat untuk umum karena memang jembatan ini sudah layak untuk dilalui. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...