Kamis, 22 Agustus 2019 21:23

Istri Kepala Kemenag Gresik Soal Dugaan Suap Suaminya kepada Romy: Mungkin Ucapan Terima Kasih

Minggu, 17 Maret 2019 04:05 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Istri Kepala Kemenag Gresik Soal Dugaan Suap Suaminya kepada Romy: Mungkin Ucapan Terima Kasih
Kurningyat, istri Kepala Kemenag Gresik Muwwafaq Wirahadi.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kurningyat (49), istri Kepala Kemenag Gresik, Muh Muwwafaq Wirahadi, menilai dugaan suap berupa uang yang diberikan suaminya terhadap Ketua Umum PPP Romahurmuziy merupakan bentuk terima kasih. Hal ini disampaikan Kurningyat kepada wartawan di kediamannya, Desa Kedamean, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Sabtu (16/3), pagi.

"Kata saya lho ya, (dugaan uang suap, red) sebagai ucapan terima kasih," katanya.

Ia mengaku mengetahui kabar penangkapan suaminya dari televisi. "Sebagai istri saya tak percaya suami saya seperti itu, karena orangnya jujur," ungkapnya. Untuk itu, ia berharap suaminya yang saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh KPK segera dibebaskan.

Kurningyat mengaku terakhir kali bertemu dengan sang suami pada Rabu (13/3), malam. Saat itu, lanjut Kurningyat, suaminya pamit ke kantor Kemenag Gresik. "Waktu itu pamitnya ke kantor. Suami bilang tidak mau ke mana-mana, pokoknya di kantor, bermalamnya di kantor," ujarnya. 

Saat mendapat kabar bahwa suaminya ditangkap KPK, pada Jum'at (15/2) sore, Kurningyat mengaku tidak menghubungi suaminya. "Karena selama ini suami yang selalu telepon," jelasnya.

Ditanya hubungan suaminya dengan Haris Hasanuddin selaku Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur, Kurningyat mengatakan bahwa keduanya sudah seperti saudara. "Sudah lama dekat, mulai di Gresik, pak Haris waktu itu Kepala Kemenag Gresik, bapak sebagai Kasi, seperti kakak beradik, pokoknya akrab sekali, dan cocok," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kurningyat juga mengungkapkan bahwa rumahnya turut didatangi oleh tiga petugas KPK pada Jum'at (15/3) petang pasca suaminya terkena OTT KPK di Surabaya. Dikatakannya, ketiga petugas KPK itu tampak mondar-mandir berusaha melakukan penggeledahan.

Petugas sempat menanyakan kamar, meja, dan lemari khusus milik suaminya selama 10 menit. "Suami saya tidak memiliki kamar khusus dan meja khusus," katanya. "Tidak ada yang disegel, " pungkasnya.

Sementara Supardi, tetangga Muwwafaq, mengatakan bahwa selama ini Kepala Kemenag Gresik itu dikenal baik oleh masyarakat. "Orangnya aktif, suka terlibat kalau ada kegiatan desa," katanya singkat.

(Kediaman Kepala Kemenag Gresik Muwwafaq Wirahadi)

Sementara saat awak media bertandang, di rumah Muwwafaq hanya terlihat ada satu mobil Honda Jazz berwarna abu-abu yang diketahui milik anaknya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Kemenag Gresik Muwwafaq Wirahadi ditangkap dan ditetapkan tersangka oleh KPK pasca OTT di salah satu hotel di Surabaya, Jumat (15/3) kemarin. Ia diciduk komisi antirasuah bersamaan dengan Romahurmuziy (Romy), Ketua Umum PPP, dalam kasus dugaan suap seleksi jabatan di Kementerian Agama.

Selain Romy dan Muwaffaq, KPK juga menetapkan Kepala Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin sebagai tersangka. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...