Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Kediri Siapkan 1.000 Lowongan di Bursa Kerja Terbuka

Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Kediri Siapkan 1.000 Lowongan di Bursa Kerja Terbuka Para pencari kerja saat mendaftarkan diri dalam bursa lowongan kerja di GOR Jayabaya, Kota Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri terus menekan angka pengangguran dengan membuka bursa kerja. Sebanyak 54 perusahaan berbagai sektor diajak ikut serta dalam bursa kerja terbuka yang digelar pada tanggal 13-14 Maret di GOR Jayabaya. Lebih dari 1.000 lowongan pekerjaan tersedia dalam bursa kerja ini.

Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah yang membuka bursa kerja terbuka mengatakan, berdasar data Dinkop UMKT, jumlah pencari kerja tahun 2018 sebanyak 2.683 orang. Sedangkan jumlah penempatan kerja sebanyak 1.971 orang, baik penempatan di dalam maupun di luar negeri.

Lilik menjelaskan, bursa kerja ini merupakan salah satu upaya Pemkot Kediri untuk terus menekan angka pengangguran. Di mana di tahun 2018 untuk pertama kalinya angka pengangguran terbuka di Kota Kediri berhasil turun di angka 3,63% di bawah angka pengangguran terbuka Jawa Timur 3,99%. 

"Di tahun 2018 ini, puncak suksesnya penurunan pengangguran di Kota Kediri. Karena untuk pertama kalinya angka pengangguran terbuka di Kota Kediri berada di bawah Provinsi Jawa Timur," ujar Lilik saat memberikan sambutan dalam pembukaan bursa kerja, Rabu (13/3) bertempat di GOR Jayabaya.

Selain mengadakan Bursa Kerja, perempuan yang akrab disapa Ning Lik ini menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Kediri juga mengadakan pelatihan kerja mandiri gratis. Peserta akan diberikan skill yang dapat menunjang saat memasuki dunia kerja maupun menjadi seorang enterpreneur. 

"Ditambah lagi dengan bantuan modal lewat dana bergulir. Tentunya saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan program-program ini sebaik-baiknya," jelasnya.

Lilik mengungkapkan, Pemerintah Kota Kediri tentu akan terus berupaya dan berevaluasi untuk selalu mengadakan bursa kerja. Sehingga mendekatkan perkerjaan kepada rekan-rekan pencari kerja di Kota Kediri.

Usai membuka bursa kerja, Lilik juga menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa stan milik perusahaan peserta bursa kerja.

Lathifa, salah satu pencari kerja mengaku senang karena bursa kerja ini diikuti oleh banyak perusahaan. "Senang sekali karena banyak perusahaan-perusahaan bagus yang ikut di sini. Kita lebih mudah mencari perusahaan-perusahaan yang ingin kita tuju," ujarnya. (rif/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO