Senin, 09 Desember 2019 14:00

Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Kediri Siapkan 1.000 Lowongan di Bursa Kerja Terbuka

Rabu, 13 Maret 2019 17:00 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Kediri Siapkan 1.000 Lowongan di Bursa Kerja Terbuka
Para pencari kerja saat mendaftarkan diri dalam bursa lowongan kerja di GOR Jayabaya, Kota Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri terus menekan angka pengangguran dengan membuka bursa kerja. Sebanyak 54 perusahaan berbagai sektor diajak ikut serta dalam bursa kerja terbuka yang digelar pada tanggal 13-14 Maret di GOR Jayabaya. Lebih dari 1.000 lowongan pekerjaan tersedia dalam bursa kerja ini.

Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah yang membuka bursa kerja terbuka mengatakan, berdasar data Dinkop UMKT, jumlah pencari kerja tahun 2018 sebanyak 2.683 orang. Sedangkan jumlah penempatan kerja sebanyak 1.971 orang, baik penempatan di dalam maupun di luar negeri.

Lilik menjelaskan, bursa kerja ini merupakan salah satu upaya Pemkot Kediri untuk terus menekan angka pengangguran. Di mana di tahun 2018 untuk pertama kalinya angka pengangguran terbuka di Kota Kediri berhasil turun di angka 3,63% di bawah angka pengangguran terbuka Jawa Timur 3,99%. 

"Di tahun 2018 ini, puncak suksesnya penurunan pengangguran di Kota Kediri. Karena untuk pertama kalinya angka pengangguran terbuka di Kota Kediri berada di bawah Provinsi Jawa Timur," ujar Lilik saat memberikan sambutan dalam pembukaan bursa kerja, Rabu (13/3) bertempat di GOR Jayabaya.

Selain mengadakan Bursa Kerja, perempuan yang akrab disapa Ning Lik ini menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Kediri juga mengadakan pelatihan kerja mandiri gratis. Peserta akan diberikan skill yang dapat menunjang saat memasuki dunia kerja maupun menjadi seorang enterpreneur. 

"Ditambah lagi dengan bantuan modal lewat dana bergulir. Tentunya saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan program-program ini sebaik-baiknya," jelasnya.

Lilik mengungkapkan, Pemerintah Kota Kediri tentu akan terus berupaya dan berevaluasi untuk selalu mengadakan bursa kerja. Sehingga mendekatkan perkerjaan kepada rekan-rekan pencari kerja di Kota Kediri.

Usai membuka bursa kerja, Lilik juga menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa stan milik perusahaan peserta bursa kerja.

Lathifa, salah satu pencari kerja mengaku senang karena bursa kerja ini diikuti oleh banyak perusahaan. "Senang sekali karena banyak perusahaan-perusahaan bagus yang ikut di sini. Kita lebih mudah mencari perusahaan-perusahaan yang ingin kita tuju," ujarnya. (rif/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...