Senin, 25 Maret 2019 17:47

Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Kediri Siapkan 1.000 Lowongan di Bursa Kerja Terbuka

Rabu, 13 Maret 2019 17:00 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Kediri Siapkan 1.000 Lowongan di Bursa Kerja Terbuka
Para pencari kerja saat mendaftarkan diri dalam bursa lowongan kerja di GOR Jayabaya, Kota Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri terus menekan angka pengangguran dengan membuka bursa kerja. Sebanyak 54 perusahaan berbagai sektor diajak ikut serta dalam bursa kerja terbuka yang digelar pada tanggal 13-14 Maret di GOR Jayabaya. Lebih dari 1.000 lowongan pekerjaan tersedia dalam bursa kerja ini.

Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah yang membuka bursa kerja terbuka mengatakan, berdasar data Dinkop UMKT, jumlah pencari kerja tahun 2018 sebanyak 2.683 orang. Sedangkan jumlah penempatan kerja sebanyak 1.971 orang, baik penempatan di dalam maupun di luar negeri.

Lilik menjelaskan, bursa kerja ini merupakan salah satu upaya Pemkot Kediri untuk terus menekan angka pengangguran. Di mana di tahun 2018 untuk pertama kalinya angka pengangguran terbuka di Kota Kediri berhasil turun di angka 3,63% di bawah angka pengangguran terbuka Jawa Timur 3,99%. 

"Di tahun 2018 ini, puncak suksesnya penurunan pengangguran di Kota Kediri. Karena untuk pertama kalinya angka pengangguran terbuka di Kota Kediri berada di bawah Provinsi Jawa Timur," ujar Lilik saat memberikan sambutan dalam pembukaan bursa kerja, Rabu (13/3) bertempat di GOR Jayabaya.

Selain mengadakan Bursa Kerja, perempuan yang akrab disapa Ning Lik ini menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Kediri juga mengadakan pelatihan kerja mandiri gratis. Peserta akan diberikan skill yang dapat menunjang saat memasuki dunia kerja maupun menjadi seorang enterpreneur. 

"Ditambah lagi dengan bantuan modal lewat dana bergulir. Tentunya saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan program-program ini sebaik-baiknya," jelasnya.

Lilik mengungkapkan, Pemerintah Kota Kediri tentu akan terus berupaya dan berevaluasi untuk selalu mengadakan bursa kerja. Sehingga mendekatkan perkerjaan kepada rekan-rekan pencari kerja di Kota Kediri.

Usai membuka bursa kerja, Lilik juga menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa stan milik perusahaan peserta bursa kerja.

Lathifa, salah satu pencari kerja mengaku senang karena bursa kerja ini diikuti oleh banyak perusahaan. "Senang sekali karena banyak perusahaan-perusahaan bagus yang ikut di sini. Kita lebih mudah mencari perusahaan-perusahaan yang ingin kita tuju," ujarnya. (rif/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...