Jurnalis Jember dan Pelaku UMKM Studi Banding Pertanian di Bali

Jurnalis Jember dan Pelaku UMKM Studi Banding Pertanian di Bali

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPWBI) mendampingi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan beberapa jurnalis studi banding ke pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya (P4S) Somya Pertiwi, di Dusun Wangaya, Desa Mangista, Kec Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Kegiatan belajar dan memperdalam ilmu pertanian itu dilaksanakan 2 hari (8-9/3).

"Produk beras merah yang kami hasilkan ini, memenuhi total area persawahan yang mencapai 60 hektare. Dengan jumlah anggota sejak dibentuk tahun 2006 hingga saat ini, sudah mencapai 90 anggota," kata Ketua P4S Somya Pertiwi I Nengah Suartana, Sabtu (9/3).

Sedangkan untuk harga beras organik dijual di kisaran harga Rp 13 ribu per kilogram. Produksi sudah masuk di supermarket besar di Jakarta maupun Surabaya. Selain beras organik, usaha lain yang dimiliki P4S Somya Pertiwi adalah peternakan, pupuk organik, teh, beras merah, serta pengembangan agro wisata.

"Kami dengan sistem pertanian yang dikembangkan ini terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu, peran serta pemerintah daerah juga mensupport kami," ungkap dia.

Sementara itu, Fungsi Pelaksanaan dan Pengembang UMKM Perwakilan BI Imam Sholichin berharap, kegiatan studi banding ini mampu membawa manfaat. (ata/yud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO