Rabu, 01 April 2020 21:11

Mesin Rusak, Kapal Tongkang Pengangkut Ribuan Ton Batu Bara Terdampar di Pantai Tempursari

Jumat, 08 Maret 2019 15:04 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Imron Ghozali
Mesin Rusak, Kapal Tongkang Pengangkut Ribuan Ton Batu Bara Terdampar di Pantai Tempursari
Kapal Tongkang pengangkut ribuan ton batu bara yang terdampar lantaran mesin rusak.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Masyarakat pesisir Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang dikejutkan dengan sebuah kapal berukuran besar terombang-ambing di perairan setempat, Jum'at (08/03) pagi.

Sontak masyarakat mengubungi Polsek Tempursari. Mendapati laporan warga, anggota Polsek setempat kemudian mengkroscek langsung ke lokasi. Memang benar, bahwa diketahui sebuah kapal tongkang yang membawa 11.230 ton batubara terdampar, yang berjarak kurang lebih 1 kilometer dari bibir pantai.

Menurut keterangan Chief Officer Kapal Tongkang Fadly Raimond, bahwa kapal berangkat Senin kemarin dari Kalimantan Selatan dan menuju ke arah Cilacap, Jawa Barat untuk menyuplai batubara di PLTU Cilacap. Namun nahas, setelah melewati Selat Bali mesin penggerak di sisi kiri kapal penarik tongkang mengalami kerusakan sehingga hanya mengandalkan satu mesin saja yang berada di sebelah kanan.

"Tongkang yang berisi batubara sendiri tidak ada kendala, karena yang mengalami kerusakan kapal penarik tongkangnya," katanya.

Kapal tersebut pun terus dipaksakan berjalan hingga ke perairan Tempursari. Kapal tongkang ini diketahui juga mengangkut 10 orang anak buah kapal yang diketahui selamat.

Selanjutnya, 2 orang awak kapal turun ke darat untuk mencari sparepart dari mesin kapal tersebut. Sedangkan 8 orang yang lain menunggu di atas kapal untuk mengantisipasi jika sewaktu waktu air pasang terjadi.

"Kami tidak terdampar, tapi sengaja lego jangkar sejak kemarin jam 11.30 siang. Ada masalah dengan mesin sebelah kiri, jadi kami lego jangkar di tengah laut untuk mencari penyebab kerusakan mesinnya. Dua staf saya juga saya suruh turun ke darat untuk cari sparepart yang dibutuhkan," ujar Fadly.

Kapolres Lumajang AKBP Dr Muhammad Arsal Sahban S.H., S.I.K, membenarkan kejadian terdamparnya kapal tongkang tersebut di wilayahnya. "Informasi dari masyarakat tadi pagi kami peroleh kalau ada kapal yang terdampar," katanya.

"Untuk mengantisipasi adanya korban jiwa, saya perintahkan jajaran saya untuk mendekat ke kapal untuk mengecek situasinya. Alhamdulillah, setelah mendekat dan bertemu dengan awak kapal, kami sudah mendapatkan penjelasan langsung dari kepala kapalnya, yang intinya semua awak kapal selamat dan keberadaan mereka di sini karena adanya kerusakan mesin. Saat ini sedang dalam proses perbaikan. Kami akan bantu mencarikan sparepart yang dibutuhkan," pungkasnya. (ron/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...