Tahun ini, Pemkab Trenggalek Bikin Program Adipura Kelurahan dan Desa

Tahun ini, Pemkab Trenggalek Bikin Program Adipura Kelurahan dan Desa Plt. Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin (kiri) saat menyerahkan potongan tumpeng pada Kepala Kelurahan Kelutan Kec. Trenggalek. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Guna mendapatkan suntikan dana BDI (Bantuan Dana Investasi) yang lebih besar lagi dari pemerintah pusat, tahun ini Pemkab Trenggalek akan membuat program Adipura Kelurahan dan Desa.

Pernyataan ini disampaikan Plt Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin di acara peresmian kegiatan pembangunan BDI dan P-APBD 2018 yang digelar di depan pasar Barokah Kelurahan Kelutan kecamatan/kabupaten Trenggalek, Jumat (1/3).

"Tahun 2018 Kelurahan Kelutan mendapatkan Bantuan Dana Investasi dari pemerintah pusat sebesar 500 juta rupiah. Ke depan saya ingin tingkatkan itu, namun dengan syarat. Untuk apa kita dapat dana besar tapi tidak ada perubahan? Nah untuk itu, kita akan membuat program Adipura Kelurahan dan Adipura Desa," paparnya.

Gus Ipin lantas menjelaskan selain mendapatkan BDI dari pemerintah pusat, Kelurahan Kelutan juga mendapat dana dari pemkab Trenggalek sebesar 540 juta, ditambah lagi dana Kelurahan yang diperkirakan mendapat jatah 300-an juta.

"Jadi selain Dana Desa, pemerintah pusat tahun ini juga akan memberikan Dana Kelurahan. Untuk satu kelurahan dana yang diberikan sekitar 300-an juta," terangnya.

Menurut Gus Ipin, sapaan akrab dari Moh. Nur Arifin, dengan adanya program tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan melakukan penilaian terhadap tingkat kebersihan kelurahan maupun pedesaan setiap tahunnya.

"Mana itu kelurahan yang paling bersih, yang paling sehat, dan yang banyak penghijauannya," ujarnya.

Diharapkan oleh Gus Ipin, sesuai dari program Presiden Jokowi, bahwa di tahun 2020 nanti semua kota di seluruh Indonesia sudah bersih dan tidak kumuh, serta memiliki akses air bersih dan sanitasi yang baik. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO