Budiman Sudjatmiko Sambut Positif Digitalisasi Desa

Budiman Sudjatmiko Sambut Positif Digitalisasi Desa Budiman Sudjatmiko saat berada di Trenggalek. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Budiman Sudjatmiko, politikus PDIP menyambut positif upaya dari mewujudkan kabupaten yang cerdas, salah satunya melalui digitalisasi internet desa.

Untuk mewujudkan hal ini, ia meminta agar pemerintah di tingkat desa aktif melakukan digitalisasi di wilayahnya masing-masing.

Pernyataan ini disampaikan Budiman Sudjatmiko usai menjadi pembicara dalam diskusi yang bertajuk usaha penyedia internet satelit dari dan untuk masyarakat desa di salah hotel ternama di Kabupaten Trenggalek Rabu (20/2). Diskusi itu dihadiri oleh seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Trenggalek.

"Kita ingin mendorong pihak pemerintah desa terlibat aktif untuk melakukan digitalisasi dari desanya masing-masing," ungkapnya.

Dengan demikian, kata Budiman lebih lanjut, digitalisasi Kabupaten Trenggalek bukan sekadar menggunakan APBD, tapi bagaimana caranya Bumdes menjadi bagian utama untuk menyediakan internet.

Untuk itu, dirinya berharap sejumlah desa yang ada di Kabupaten Trenggalek bisa menjadi penyedia internet, bukan malah menjadi konsumen internet. "Dengan adanya internet, para petani, nelayan bisa memasarkan produk mereka melalui jaringan internet langsung pada konsumen," katanya.

Ia mengapresiasi Kabupaten Cerdas yang digagas oleh Moh. Nur Arifin. Ia berharap hal ini bisa menjadi contoh bagi kabupaten lain di seluruh Indonesia. "Bahwa mendigitalisasi atau membuat internet masuk desa itu bukan sekedar menjadi program dari pemerintah kabupaten, tapi bisa menjadi program dari pemerintah desa," tandasnya. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO