Sabtu, 21 September 2019 14:48

Ribuan Pemuda Ikuti Jalan Sehat MRSF

Minggu, 17 Februari 2019 17:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Arif Kurniawan
Ribuan Pemuda Ikuti Jalan Sehat MRSF
Aksi Dodit Mulyanto saat menghibur para generasi millenial.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ribuan millennial Kota Kediri memadati sepanjang Jl. Basuki Rakhmad Kota Kediri, mengikuti jalan sehat, Minggu (17/2) pagi. Jalan sehat ini merupakan puncak acara dari Millennial Road Safety Festival (MRSF). Seperti diketahui, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya memberikan pengetahuan kepada kalangan millennial di Kota Kediri untuk selalu tertib dalam berlalu lintas di jalan umum. Selain itu, juga bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang setiap tahunnya selalu meningkat.

Sebelum peserta diberangkatkan, terlebih dahulu peserta mengikuti Apel Besar Millennial Road Safety Festival. Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu menjadi inspektur upacara dalam apel besar tersebut.

Dalam sambutan Wali Kota Kediri yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya seluruh rangkaian acara Millennial Road Safety Festival, di mana hari ini merupakan puncak acaranya.

“Atas nama pribadi dan juga atas nama Pemerintah Kota Kediri, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya seluruh rangkaian acara ini, dan jalan sehat ini merupakan puncaknya,” ujarnya.

Budwi Sunu mengatakan bila jalan santai bersama pagi ini selain mengingatkan akan pentingnya hidup sehat, juga untuk lebih menyadarkan agar memperhatikan keselamatan saat berkendara. Karena berdasarkan data angka kecelakaan lalu lintas nasional pada tahun 2018, sekitar 75.000 dan Jawa Timur menyumbang sekitar 24.000. Di mana 5.000 jiwa dari angka tersebut, sebanyak 3.176 adalah kaum millenial.

Di Kota Kediri sendiri berdasar data dari Polres Kediri Kota, jumlah kecelakaan yang terjadi mencapai 618 kejadian dan 412 atau 67% kejadian melibatkan usia 15-35 tahun. “Angka tersebut cukup tinggi. Melalui acara ini, saya berharap generasi millennial dapat menjadi pelopor keselamatan lalu lintas, karena di Kota Kediri ini masih banyak anak sekolah yang mengendarai sepeda motor sendiri untuk ke sekolah,” jelasnya.

Melihat hal tersebut, lanjut Budwi Sunu, Pemerintah Kota Kediri menyediakan fasilitas bus sekolah gratis, subsidi BBM untuk angkutan kota, serta ada juga Rute Aman Selamat Sekolah (RASS). Dengan harapan dapat mengurangi penggunaan sepeda motor, sehingga angka kecelakaan lalu lintas di Kota Kediri dapat berkurang.

“Silakan manfaatkan fasilitas yang sudah disediakan Pemerintah Kota Kediri ini dengan sebaik-baiknya. Saya juga berpesan kepada para kaum millennial agar mematuhi rambu lalu lintas dan memperhatikan aturan berlalu lintas dengan melengkapi surat kendaraan dan Surat Izin Mengemudi.

Terakhir, Budwi Sunu meminta agar selama mengikuti kegiatan, peserta senantiasa tertib dan menghargai sesama pengguna jalan. Adapula doorprize dari panitia yang menyediakan beragam hadiah.

Seusai apel besar, Sekda Kota Kediri Budwi Sunu membacakan Deklarasi Keselamatan Berlalu Lintas yang diikuti ribuan peserta. Kemudian dilanjutkan memberangkatkan jalan sehat bersama Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Hariyadi dan Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol (Kav) Dwi Agung Sutrisno.

Di puncak acara, peserta jalan sehat dihibur stand up comedy yang dilakukan oleh komika asal Kota Blitar, Dodit Mulyanto. Aksi stand up comedy yang dilakukan Dodit ini berhasil mengocok perut kaum millennial dengan penampilan kocaknya.

Sementara itu, Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi mengatakan, puncak acara MRSF akan dilaksanakan 17 Maret mendatang di Jembatan Suramadu oleh Polda Jatim. “Kita akan ajak generasi Millenial Kota Kediri untuk Hadir dalam acara puncak nanti,” ungkapnya.

Turut hadir dalam jalan sehat ini, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, jajaran Polres Kediri Kota, Ketua KONI Kota Kediri Heru Marwanto, dan atlet-atlet KONI Kota Kediri. (rif/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...