Rabu, 27 Januari 2021 16:04

Sekolahan SDN di Bojonegoro Ini Rusak, Atapnya Jebol hingga Siswanya Pakai Sandal

Rabu, 13 Februari 2019 00:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Sekolahan SDN di Bojonegoro Ini Rusak, Atapnya Jebol hingga Siswanya Pakai Sandal
Kondisi salah satu kelas di SDN Sumberharjo 1 Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro. Tampak sejumlah genteng sudah hilang dari tempatnya. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sumberharjo 1 Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur kondisinya memperihatinkan. Dindingnya retak-retak, lantainya banyak yang terkelupas, hingga atapnya jebol-jebol.

Pantau www.bangsaonline.com Selasa siang, (12/2/19) sekolahan yang berada di Dusun Pohkuwung, Desa Sumberharjo tersebut terlihat sudah tua. Cat temboknya terlihat kusam dan retak-retak.

Lebih parah lagi atap beberapa ruangan bolong akibat gentengnya jatuh. Sehingga saat hujan turun para siswa berhamburan mencari tempat aman. Selain itu lantainya banyak yang mengelupas dan terlihat kumuh.

Menurut Anis, salah satu guru SDN 1 Sumberharjo, ada empat ruangan yang saat ini mengalami rusak parah. Empat ruangan itu untuk kelas 4, 5, 6 dan ruangan kantor.

Ruangan itu berada dalam satu lokal dan terakhir dibangun pemerintah pada 2008 silam. Sedangkan satu lokal lagi untuk ruangan kelas 1, 2, dan 3 masih layak, namun juga sudah mulai rusak.

"Yang untuk kelas 1, 2 dan 3 plafonnya mulai rusak. Ruangan ini terakhir direnovasi 2012, tetapi sekarang masih layak digunakan," kata Anis.

Rusaknya beberapa ruangan itu sangat mengkhawatirkan, terutama di ruangan kelas empat. Sebab atapnya berlubang, dan gentengnya sering berjatuhan saat ada angin kencang maupun hujan.

"Pernah ada satu siswa yang kejatuhan genteng kepalanya, tetapi beruntung tidak apa-apa. Ibunya marah-marah minta sekolahan ini segera diperbaiki," ceritanya.

Jumlah siswa-siswi SDN Sumberharjo itu sebanyak 70 anak, yang berasal dari Dusun Pohkuwung. Jumlah itu termasuk tinggi. Namun kondisi sekolahan itu kurang diperhatikan oleh pemerintah daerah.

"Kami sudah sering mengajukan bantuan pembangunan kepada diknas, tetapi sampai hari ini belum ada gambaran untuk pembangunan," tuturnya.

Para siswa di sekolahan setempat setiap hari sering memakai sandal jepit. Para guru pun memaklumi, karena kondisi lantainya basah. Selain itu akses menuju ke sekolahan juga rusak dan becek, karena dusun Pohkuwung berada di tengah sawah.

"Dusun sini (Pohkuwung Desa Sumberharjo) termasuk dusun terpencil di Kecamatan Sumberejo. Sudah perbatasan Kecamatan Kedungadem juga Kecamatan Kepohbaru. Dari Kecamatan Sumberejo sekitar 30 kilometer," katanya.

Para guru berharap sekolahan SDN 1 Sumberharjo segera dibangun agar ke depan tidak menghawatirkan, dan mengganggu proses belajar mengajar. (nur/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...