Sabtu, 07 Desember 2019 18:01

Sekolahan SDN di Bojonegoro Ini Rusak, Atapnya Jebol hingga Siswanya Pakai Sandal

Rabu, 13 Februari 2019 00:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Sekolahan SDN di Bojonegoro Ini Rusak, Atapnya Jebol hingga Siswanya Pakai Sandal
Kondisi salah satu kelas di SDN Sumberharjo 1 Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro. Tampak sejumlah genteng sudah hilang dari tempatnya. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sumberharjo 1 Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur kondisinya memperihatinkan. Dindingnya retak-retak, lantainya banyak yang terkelupas, hingga atapnya jebol-jebol.

Pantau www.bangsaonline.com Selasa siang, (12/2/19) sekolahan yang berada di Dusun Pohkuwung, Desa Sumberharjo tersebut terlihat sudah tua. Cat temboknya terlihat kusam dan retak-retak.

Lebih parah lagi atap beberapa ruangan bolong akibat gentengnya jatuh. Sehingga saat hujan turun para siswa berhamburan mencari tempat aman. Selain itu lantainya banyak yang mengelupas dan terlihat kumuh.

Menurut Anis, salah satu guru SDN 1 Sumberharjo, ada empat ruangan yang saat ini mengalami rusak parah. Empat ruangan itu untuk kelas 4, 5, 6 dan ruangan kantor.

Ruangan itu berada dalam satu lokal dan terakhir dibangun pemerintah pada 2008 silam. Sedangkan satu lokal lagi untuk ruangan kelas 1, 2, dan 3 masih layak, namun juga sudah mulai rusak.

"Yang untuk kelas 1, 2 dan 3 plafonnya mulai rusak. Ruangan ini terakhir direnovasi 2012, tetapi sekarang masih layak digunakan," kata Anis.

Rusaknya beberapa ruangan itu sangat mengkhawatirkan, terutama di ruangan kelas empat. Sebab atapnya berlubang, dan gentengnya sering berjatuhan saat ada angin kencang maupun hujan.

"Pernah ada satu siswa yang kejatuhan genteng kepalanya, tetapi beruntung tidak apa-apa. Ibunya marah-marah minta sekolahan ini segera diperbaiki," ceritanya.

Jumlah siswa-siswi SDN Sumberharjo itu sebanyak 70 anak, yang berasal dari Dusun Pohkuwung. Jumlah itu termasuk tinggi. Namun kondisi sekolahan itu kurang diperhatikan oleh pemerintah daerah.

"Kami sudah sering mengajukan bantuan pembangunan kepada diknas, tetapi sampai hari ini belum ada gambaran untuk pembangunan," tuturnya.

Para siswa di sekolahan setempat setiap hari sering memakai sandal jepit. Para guru pun memaklumi, karena kondisi lantainya basah. Selain itu akses menuju ke sekolahan juga rusak dan becek, karena dusun Pohkuwung berada di tengah sawah.

"Dusun sini (Pohkuwung Desa Sumberharjo) termasuk dusun terpencil di Kecamatan Sumberejo. Sudah perbatasan Kecamatan Kedungadem juga Kecamatan Kepohbaru. Dari Kecamatan Sumberejo sekitar 30 kilometer," katanya.

Para guru berharap sekolahan SDN 1 Sumberharjo segera dibangun agar ke depan tidak menghawatirkan, dan mengganggu proses belajar mengajar. (nur/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...