Selasa, 18 Juni 2019 04:40

Demam Berdarah Renggut 5 Korban Jiwa, Wabup Blitar Turun Pimpin Fogging

Selasa, 12 Februari 2019 16:08 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Demam Berdarah Renggut 5 Korban Jiwa, Wabup Blitar Turun Pimpin Fogging
Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo turun langsung melakukan pengasapan. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Blitar semakin ketar-ketir terhadap penyebaran demam berdarah. Pasalnya penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini sudah memakan lima korban jiwa.

Khawatir demam berdarah semakin mewabah, Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo pun turun langsung melakukan pengasapan atau fogging sendiri ke pemukiman warga, Selasa (12/2/2019).

"Kegiatan Fogging kali ini dilakukan di Desa Jati Tengah Kecamatan Selopuro. Sebab dalam satu lingkungan sudah ada 4 penderita demam berdarah, sehingga diharapkan dengan dilakukan fogging bisa menekan penyebaran demam berdarah atau mengurangi penyebaran nyamuk Aedes Aegypti,"
ungkap Wabup Marhaenis usai memimpin fogging bersama petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

Marhaenis mengatakan lebih baik melakukan upaya antisipasi sejak dini daripada setelah mewabah baru melakukan upaya penanggulangan. Untuk itu, ia meminta masyarakat tidak hanya mengandalkan fogging. Namun, lebih instens melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) agar nyamuk Aedes Aegypti mati hingga jentiknya.

"Fogging ini merupakan salah satu upaya kami menekan demam berdarah. Namun tak kalah penting masyarakat harus berperan serta melakukan PSN. Karena hanya PSN yang paling efektif membunuh nyamuk hingga ke jentiknya," paparnya.

Ia juga mengajak masyarakat rajin menjaga kebersihan lingkunganya. Karena curah hujan tinggi, tidak menutup kemungkinan lingkungan yang kotor juga akan menimbulkan penyakit lainya.

"Bukan hanya demam berdarah kita juga harus waspada penyakit lain yang biasanya menyerang saat musim hujan. Untuk itu saya secara khusus meminta agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Untuk diketahui, jumlah penderita demam berdarah di Kabupaten Blitar saat ini mencapai angka 354 kasus. Lima di antaranya dinyatakan meninggal dunia. Jumlah ini meningkat hingga 10 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama. (ina/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...