Minggu, 26 Mei 2019 15:17

DPRD Gresik Sepakat Pertahankan Fakultas Vokasi Unair

Kamis, 07 Februari 2019 15:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
DPRD Gresik Sepakat Pertahankan Fakultas Vokasi Unair
Suasana hearing penutupan akses masuk Fakultas Vokasi Unair di Gresik. foto: SYUHUD A/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik menggelar rapat kerja (Raker) gabungan KomisI III dan IV untuk membahas kelanjutan Fakultas Vokasi Unair di Gresik, Kamis (7/2). Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Ahmad Nurhamim ini turut menghadirkan Dekan Vokasi dan civitas Unair Gresik.

Rapat juga dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gunawan Setijadi, Kepala Bappelitda Herman TH. Sianturi, dan sejumlah perwakilan Kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Rapat merekomendasikan agar Fakultas Vokasi Unair di Jalan Dr. Wahidin SH Kecamatan Kebomas tetap dipertahankan. DPRD juga memenuhi tuntutan pihak Unair, yakni dengan meminta Pemkab agar membuka pintu gerbang masuk fakultas yang saat ini ditutup karena terhalang pembangunan trotoar.

"Pimpinan DPRD akan berkirim surat kepada Bupati Sambari Halim Radianto terkait hasil rekomendasi rapat kerja," kata Ketua DPRD.

Menurut Nurhamim, Fakultas Vokasi Unair merupakan aset Kabupaten Gresik yang harus dipertahankan. Sebab, kampus tersebut adalah tempat belajar generasi penerus yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Gresik. 

"Saya kira Pak Bupati juga punya kepentingan sama untuk keberadaan dan kelangsungan Fakultas Vokasi Unair. Untuk itu, saya minta pihak civitas Fakuktas Vokasi Unair bertemu Pak Bupati," sambungnya.

Apalagi, lanjut Ketua DPRD, Bupati telah menghibahkan dan menyerahkan aset seniai Rp 4,5 miliar tersebut.

Sementara Dekan Fakultas Vokasi Unair Prof. Dr. Widi Hidayat dalam kesempatan itu membenarkan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan opsi seandainya pintu gerbang tetap tak diizinkan untuk dibuka. Yakni, Fakultas Vokasi akan melakukan merger dengan Lamongan.

"Itu opsi terakhir. Dan, saya berharap itu tidak terjadi," katanya.

Selain sebagai akses masuk, Prof Widi juga menyampaikan pentingnya pintu gerbang tersebut. Yakni, lantaran Fakultas Vokasi Unair Gresik saat ini tengah menghadapi asesor untuk menuju akreditasi A. "Nah, di antara salah satu syarat kampus bisa masuk akreditasi, maka infrastruktur kampus harus memehuni syarat. Salah satunya, punya akses pintu masuk sendiri. Kalau nanti Fakultas kami ini tak ada akses masuk, sudah dipastikan kami tak lolos akreditasi," jelasnya.

Wakil Dekan Fakultas Vokasi, Imam Susilo menambahkan, selain opsi merger ke Lamongan, pihaknya juga menyiapkan opsi kedua. Yaitu menarik mahasiswa untuk digabung dengan Fakultas Keperawatan Unair (S1) di Surabaya. "Namun kalau klir, tetap di Gresik. Tapi, saya berharap bisa klir," katanya.

Selain membuat kampus tak memiliki akses masuk, Imam Susilo mengungkapkan pembangunan trotoar itu membuat fakultas selalu kebanjiran saat hujan, karena air tak bisa terbuang ke box culvert.

Di sisi lain, Kepala DPUTR Gunawan Setijadi menjelaskan, pembangunan trotoar dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Di antaranya, karena Bupati Sambari ingin keindahan di wilayah tersebut. Solusi terkait hal ini, ia mengaku telah merencanakan pembangunan drainase untuk pembuangan air. "Nanti akan dibuat agar tak banjir," terangnya.

Rekomendasi dari dewan yang meminta Fakultas Vokasi Unair tetap dipertahankan di Gresik, direspon gembira para mahasiswa. "Kami sangat senang menyambut keputusan DPRD itu. Dan, sampai saat ini kami tetap kuliah," kata salah satu mahasiswa. (hud/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...