Minggu, 21 April 2019 15:59

Lapindo Brantas Kembali Gelar Pelatihan Hidroponik

Selasa, 05 Februari 2019 12:48 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: Catur Andi Erlambang
Lapindo Brantas Kembali Gelar Pelatihan Hidroponik
Salah satu peserta mempraktikkan pelatihan hidroponik.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Lapindo Brantas bersama komunitas kepemudaan Sidoarjo Positif, kembali menggelar Pelatihan Hidroponik di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Selasa (5/2). Pelatihan ini menjadi rangkaian dari kegiatan budidaya hidroponik Lapindo Brantas bersama Sidoarjo Positif untuk beberapa desa di sekitar wilayah operasi Lapindo Brantas.

Bertema Seminar II, Pembibitan dan Perawatan Prapanen Hidroponik, kegiatan ini juga turut menggaet perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo sebagai pemateri, yaitu Afandi. Materi di pelatihan lanjutan ini memfokuskan pada praktek menata tanaman ke alat KIT hidroponik yang sebelumnya sudah dilakukan pembibitan.

"Di sesi pertama kami fokus di teori. Di sesi kedua ini kami berikan materi penanganan pada bibit pertama yang baru ditanam agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara sehat dan maksimal. Mereka sangat antusias di pelatihan hidroponik ini," cetus Afandi.

Koordinator Sidoarjo Positif Vanda Ika menyatakan, dengan kegiatan ini, warga Desa Kalidawir dapat memanfaatkannya sebagai ajang belajar sekaligus berkonsultasi.

Vanda juga menjelaskan, para peserta pelatihan dibimbing dalam praktik hidroponik sebagai bentuk dukungan Lapindo Brantas dan Sidoarjo Positif meningkatkan perekonomian keluarga maupun desa.

"Melalui program hidroponik dengan lahan terbatas, namun tetap bisa melakukan pertanian," terang Vanda.

Warga sendiri melihat kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi yang mampu dimanfaatkan masyarakat desa. "Harapannya ke depan dapat membudidayakan hidroponik dengan mudah dan murah di rumah. Terima kasih kepada Lapindo karena sudah memfasilitasi pelatihan hidroponik ini dan harapannya semoga bermanfaat," jelas Siti Rokhilah, perwakilan PKK Desa Kalidawir.

Ketua PKK Rina Handayani juga mengungkapkan apresiasinya kepada Lapindo Brantas. "Semoga warga dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami hidroponik, dan semoga Lapindo semakin sukses," ujarnya.

Sementara itu, Comunity Development PR Lapindo Brantas Inc yang turut hadir di acara, Fifin Fithriani memaparkan, kegiatan ini dapat bermanfaat untuk warga, pemuda, dan desa.

"Kami harap warga desa mampu mengembangkan hidroponik, sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa melalui program hidroponik yang dikerjakan oleh warga Kalidawir sendiri," ujarnya. Menurut Fifin, kegiatan ini sendiri akan terus berlanjut hingga panen hidroponik siap untuk dilakukan. (cat/rd)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...