Jumat, 23 Agustus 2019 06:15

Lapindo Brantas Kembali Gelar Pelatihan Hidroponik

Selasa, 05 Februari 2019 12:48 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: Catur Andi Erlambang
Lapindo Brantas Kembali Gelar Pelatihan Hidroponik
Salah satu peserta mempraktikkan pelatihan hidroponik.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Lapindo Brantas bersama komunitas kepemudaan Sidoarjo Positif, kembali menggelar Pelatihan Hidroponik di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Selasa (5/2). Pelatihan ini menjadi rangkaian dari kegiatan budidaya hidroponik Lapindo Brantas bersama Sidoarjo Positif untuk beberapa desa di sekitar wilayah operasi Lapindo Brantas.

Bertema Seminar II, Pembibitan dan Perawatan Prapanen Hidroponik, kegiatan ini juga turut menggaet perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo sebagai pemateri, yaitu Afandi. Materi di pelatihan lanjutan ini memfokuskan pada praktek menata tanaman ke alat KIT hidroponik yang sebelumnya sudah dilakukan pembibitan.

"Di sesi pertama kami fokus di teori. Di sesi kedua ini kami berikan materi penanganan pada bibit pertama yang baru ditanam agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara sehat dan maksimal. Mereka sangat antusias di pelatihan hidroponik ini," cetus Afandi.

Koordinator Sidoarjo Positif Vanda Ika menyatakan, dengan kegiatan ini, warga Desa Kalidawir dapat memanfaatkannya sebagai ajang belajar sekaligus berkonsultasi.

Vanda juga menjelaskan, para peserta pelatihan dibimbing dalam praktik hidroponik sebagai bentuk dukungan Lapindo Brantas dan Sidoarjo Positif meningkatkan perekonomian keluarga maupun desa.

"Melalui program hidroponik dengan lahan terbatas, namun tetap bisa melakukan pertanian," terang Vanda.

Warga sendiri melihat kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi yang mampu dimanfaatkan masyarakat desa. "Harapannya ke depan dapat membudidayakan hidroponik dengan mudah dan murah di rumah. Terima kasih kepada Lapindo karena sudah memfasilitasi pelatihan hidroponik ini dan harapannya semoga bermanfaat," jelas Siti Rokhilah, perwakilan PKK Desa Kalidawir.

Ketua PKK Rina Handayani juga mengungkapkan apresiasinya kepada Lapindo Brantas. "Semoga warga dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami hidroponik, dan semoga Lapindo semakin sukses," ujarnya.

Sementara itu, Comunity Development PR Lapindo Brantas Inc yang turut hadir di acara, Fifin Fithriani memaparkan, kegiatan ini dapat bermanfaat untuk warga, pemuda, dan desa.

"Kami harap warga desa mampu mengembangkan hidroponik, sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa melalui program hidroponik yang dikerjakan oleh warga Kalidawir sendiri," ujarnya. Menurut Fifin, kegiatan ini sendiri akan terus berlanjut hingga panen hidroponik siap untuk dilakukan. (cat/rd)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...