Gelegar Meriam KRI Terbesar TNI AL Kaliber 120 MM KRI FTH-361 Getarkan Laut Jawa

Gelegar Meriam KRI Terbesar TNI AL Kaliber 120 MM KRI FTH-361 Getarkan Laut Jawa

BANGSAONLINE.com - Jumat, 1 Februari 2019 merupakan hari yang sedikit berbeda dengan hari-hari biasanya. Suara angin dan deburan ombak menambah semangat dan naluri tempur prajurit 361.

“Laksanakan tembakan penghancuran terhadap musuh 5061 dengan menggunakan meriam utama 120 mm, awas... tembak...” perintah yang diberikan oleh komandan KRI Fatahillah-361, Letkol laut (P) Sandi Kurniawan kepada perwira senjata dalam pelaksanaan latihan peperangan anti kapal permukaan (AKPA). Penembakan meriam ini merupakan salah satu skenario yang diselenggarakan dalam penilaian kapal tingkat II/ L2 KRI Fatahillah-361 oleh tim uji Glagaspur Kolat Koarmada II pada tanggal 31 Januari s.d. 1 Februari 2019.

Pelaksanaan penilaian yang meliputi dril basah peran-peran operatif, administratif, khusus, dan darurat dapat dilaksanakan dengan sigap dan handal oleh seluruh prajurit yang didukung oleh kesiapan senjata, kendali, dan permesinan yang prima.

Untuk meningkatkan kemampuan, dilaksanakan pula latihan peran penyelamatan kapal, latihan peran kebakaran, dan kebocoran oleh tim PEK KRI dalam rangka menghadapi bahaya api yang kompleks dan tak terduga. Dilengkapi dengan peralatan penanggulangan kebocoran terbaru dan canggih, Kebocoran dapat dengan sigap ditanggulangi oleh Tim PEK.

Tim uji Kolat koarmada II memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas seluruh dedikasi dan kesungguhan yang ditampilkan oleh seluruh prajurit KRI. Setelah penilaian ini diharapkan KRI Fatahillah-361 siap mengemban amanah yang diberikan untuk menjaga kedaulatan wilayah laut NKRI dalam bentuk tugas operasi dan latihan yang diberikan. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO