Kebut Perekaman e-KTP, Dispendukcapil Gresik Buka Pelayanan di Hari Libur

Kebut Perekaman e-KTP, Dispendukcapil Gresik Buka Pelayanan di Hari Libur Khusaini.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Gresik mengebut penyelesaian perekaman dan pencetakan 16.172 e-KTP. Dalam 10 hari ke depan di bulan Februari ini, target itu harus terpenuhi. Untuk itu, Dispendukcapil tetap membuka pelayanan pada hari libur kerja pemerintah, yakni Sabtu dan Minggu.

Adapun pelayanan e-KTP untuk di luar hari kerja, yakni Sabtu (2/1) dan Minggu (3/2) mulai pukul 08.00-15.00 WIB di Kantor Dispendukcapil Jalan Wachid Hasyim Nomor 17, Gresik. Penegasan ini disampaikan Kepala Dispendukcapil Gresik, Khusaini, Jumat (1/2).

Menurut Khusaini, kendala Dispendukcapil dalam menyelesaikan tanggungan 16.172 e-KTP tersebut adalah minimnya pasokan blanko dari pemerintah pusat. "Kami pada bulan Januari lalu cuma dikasih jatah 500 lembar blanko," papar mantan Kabag Kesra ini.

Akibatnya, masyarakat yang masuk daftar tunggu pencetakan kian membengkak tiap harinya. "Makanya, saat ini kami punya waktu 10 hari untuk menuntaskan perekaman e-KTP, " jelasya.

Demi menyelesaikan target yang diberikan pemerintah pusat, lanjut Khusaini, pihaknya menargetkan mampu mencetak sebanyak 600 keping e-KTP dalam sehari. "Kalau target 10 hari bisa tercapai, pelayanan di luar hari kerja juga akan berakhir," terangnya.

Khusaini mengakui, hingga saat ini masih banyak warga Gresik yang belum melakukan perekaman e-KTP. Mengacu data Kemendagri, masih ada sekitar 20.000 warga Gresik yang belum melakukan perekaman e-KTP.

"Untuk itu, kami mengebut perekaman dan pencetakan e-KTP. Kami juga melalukan jemput bola untuk mengejar target," katanya.

Selain itu, Dispendukcapil juga menyasar sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA). "Lembaga pemasyarakatan (Lapas) juga kami lakukan perekaman e-KTP. Nantinya, napi setelah bebas tinggal ngambil (e-KTP,red)," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO