Minggu, 29 Maret 2020 00:12

Dishub Gresik Segera Berlakukan Smart Card Pengganti Buku Uji Kir

Kamis, 31 Januari 2019 18:36 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Dishub Gresik Segera Berlakukan Smart Card Pengganti Buku Uji Kir
Kepala Dishub Gresik Nanang Setiawan didampingi Kepala UPT Uji Kir Gunawan menunjukkan smart card dan sertifikat uji kir.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik segera memberlakukan smart card sebagai pengganti buku uji kir bagi kendaraan berplat Gresik.

Kamis (31/1), tim dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI datang ke UPT Uji Kir Gresik di Jalan Dr. Wahidin SH untuk melihat langsung kesiapan Dishub memberlakun program tersebut. Setelah dinyatkaan siap, Kepala Dishub Gresik Nanang Setiawan bersama perwakilan Kemenhub meneken nota kesepahaman.

"Smart card saat ini dalam tahap uji coba sebelum diberlakukan secara resmi. Tadi dilakukan uji coba di perangkat kita yang sudah disiapkan di UPT Uji Kir oleh perusahaan rekanan Kemenhub RI. Dan, Alhamdulillah uji coba sukses," ujar Nanang Setiawan kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (31/1).

Lanjut Nanang, smart card nantinya digunakan untuk pengurusan Kir, termasuk pembuatan plat uji dan tanda samping/semprot setiap uji kir. "Jadi, kalau dulunya pakai buku uji kir, setelah ada smart card cukup pakai kartu tersebut untuk pengurusan. Bagi penguji kir yang lolos akan dapat sertifikat. Tapi yang tak lolos kembali melakukan uji kir," jelasnya.

Nanang mengungkapkan, konversi dari buku menjadi smart card ini dilakukan untuk menghindari pemalsuan. "Sebab, banyak kejadian buku Kir dipalsukan. Terutama saat kendaraan dijual, buku Kir yang sudah mati dipalsukan untuk mengelabui pembeli. Makanya, smart card ini solusinya untuk menghindarinya," paparnya.

Saat ini, ada tiga Dishub di Jawa Timur yang telah siap memberlakukan smart card, yakni Sidarjo, Banyuwangi, dan Gresik. Sementara di wilayah lain yang sudah memberlakukan smart card di antaranya, Boyolali, Banyumas, Pati, Tegal, Pekalongan, dan Batang.

"Nantinya, kendaraan Gresik yang telah punya smart card, pemiliknya bisa melakukan uji kir mana saja, asalkan telah memberlakukan smart card," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...