Bupati Sambari Minta Masyarakat Waspada DB

Bupati Sambari Minta Masyarakat Waspada DB Bupati Sambari didampingi Dirut RSUD Ibnu Sina Endang Puspitowati saat sidak pasien DB. foto: Syuhud/ bangsaonline.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto meminta masyarakat waspada terhadap serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Sebab, jumlah pasien DBD di sejumlah rumah sakit dan puskesmas se-Kabupaten Gresik mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya di bulan yang sama.

Hal ini disampaikan Bupati saat sidak di RSUD Ibnu Sina, Kamis (24/1). Orang nomor satu di Pemkab Gresik ini meminta agar orangtua tanggap terhadap kondisi anak-anaknya. "Segera bawa putra-putrinya kalau ada gejala DB ke rumah sakit terdekat," pintanya.

Bupati memaparkan, pemerintah telah menyiapkan rumah sakit dan Puskesmas untuk melayani masyarakat berobat. Untuk Puskesmas ada 31 rawat inap dan rawat jalan, sementara puskesmas pembantu (pustu) ada 77. "Saya minta masyarakat memanfaatkan sarana-sarana kesehatan tersebut untuk berobat," terangnya.

Pada kesempatan ini, bupati menyatakan bahwa pada bulan November 2018 telah menyebarkan edaran ke unit pelayanan teknis (UPT) kepada RT maupun RW. "Kami minta agar diberikan penyuluhan soal antisipasi dini pencegahan dan penanganan DB," ungkapnya.

"Saya juga meminta jemput bola, dan Alhamdulillah responsnya bagus. Jadi kalau ada penderita yang cukup berobat di pustu ya pustu, tapi kalau harus ke RS ya RSUD," imbuhnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tak menyepelekan penyakit DB. Sebab, kalau penanganannya telat bisa menyebabkan kematian.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO